Minimalisir Ketidaksesuaian Data, Pertamina Bakal Pantau SPBU Secara Daring

0
323

Berempat.com – SPBU Pertamina di Indonesia sebentar lagi akan bisa dipantau secara daring oleh PT Pertamina. Pemantauan tersebut berhubungan dengan volume keluar masuk BBM di setiap SPBU. Hal ini disampaikan oleh SVP Corporate ICT Pertamina Jeffry Tjahja Indra. Untuk bisa merealisasikan hal tersebut, Pertamina menggandeng PT Telkom Indonesia.

“Kita menggandeng Telkom karena Telkom punya teknologi dan kapasitas untuk membuat digitalisasi ini,” terang Jeffry di Gedung BPH Migas, Jakarta, Senin (13/8).

Digitalisasi ini menurut Jeffry merupakan upaya Pertamina dalam mendapatkan data keluar masuk BBM secara real time. Pasalnya, selama ini Pertamina masih mengandalkan pelaporan manual dari masing-masing SPBU.

Akibatnya, Jeffry mengaku bahwa selama ini ada potensi kehilangan dari data yang tidak sesuai. Ketidaksesuaian data dari jumlah volume yang disalurkan oleh Pertamina dengan realisasi konsumsi dari tiap SPBU membuat Pertamina jadi sering kehilangan akurasi data realisasi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Enterprise dan Bisnis Telkom Indonesia Dian Rachmawan menjelaskan, dalam program digitalisasi ini Telkom akan memasang alat berupa ATG yang memiliki sensor. Sensor inilah yang akan ditempelkan di tangki penyimpanan, tangki pengisian hingga nozel di SPBU.

Data sensor kemudian masuk ke dalam platform aplikasi yang terpusat dengan data senter di BPH Migas. “Network kami cukup confident, karena sensor ini bisa dijalankan dengan jaringan 3G. Kalau network tidak ada masalah,” terangnya.

Rencananya, digitalisasi ini akan dilakukan terhadap 5.518 SPBU di seluruh Indonesia sebagai tahap awal. Proses tersebut akan dilakukan hingga akhir tahun 2018.

Namun, Jeffry mengaku saat ini Pertamina dan Telkom belum merumuskan terkait skema pembiayaan dan berapa dana yang dibutuhkan untuk proyek ini.

“Beberapa hari ini, tiga hari dari sekarang ada perumusan anggaran, bisnis modelnya gimana,” ujar Jeffry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.