Mentan Sebut Produksi Kelapa Indonesia Capai 18 Juta Ton per Tahun

0
312
Pedagang kelapa muda di Pasar Lama Kota Serang. (Poskotanews.com)

Berempat.com – Kelapa nampaknya menjadi salah satu komoditas yang tak kalah penting bagi Indonesia. Pasalnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengklaim bahwa Indonesia menjadi negara produsen kelapa terbesar di dunia.

“Produksinya mencapai 18 juta ton per tahun,” ujar Amran dalam keterangan tertulis di Sulawesi Tengah, Selasa (24/7).

Melihat capaian tersebut, Amran pun optimis bahwa produk kelapa Indonesia dapat kian berjaya di mata dunia. Namun, kendati demikian Amran menegaskan bahwa pihaknya akan tetap mendorong untuk peningkatan produksi hingga 0,5 juta ton.

” Bila mampu ditingkatkan sedikit saja, sekitar 0,5 juta ton, tidak akan ada lagi negara yang sanggup mengejar produksi kelapa Indonesia,” ucapnya.

Menurut Amran, dalam mendongkrak produktivitas kelapa diperlukan adanya nilai tambah melalui industri pengolahan. Kondisi itu tentunya bakal menguntungkan para petani. Karena, sambung Amran, hal terpenting bagi petani adalah jaminan hasil produksi mereka dibeli dan diserap oleh pasar.

Dan demi bisa meningkatkan produksi kelapa, Amran pun akan memastikan kementeriannya senantiasa aktif membagikan bibit kelapa unggul, pupuk gratis, serta kebutuhan peremajaan perkebunan kelapa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.