Astra Finance Berharap Penyaluran Pembiayaan Tahun Ini Samai Tahun 2017

0
310

Berempat.com – Perusahaan pembiayaan milik Astra Group, yakni Astra Finance belum mengumumkan nilai pertumbuhan penyaluran pembiayaan pada tahun ini. Namun, Direktur PT Astra International dan Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin berharap pertumbuhaan pembiayaan masih sama seperti tahun 2017, yakni Rp 80 triliun.

“Melihat kondisi pasar saat ini, kita berharap paling tidak, ya tidak turun dibanding tahun kemarin,” ujar Suparno di Jakarta, Selasa (24/7).

Suparno sendiri masih berharap agar tahun ini ekonomi bisa terus membaik. “Namun kami harus mengelola bisnis secara lebih prudent dan meningkatkan manajemen risiko dengan lebih baik,” imbuhnya.

Terkait kontribusi laba, Suparno mengungkapkan bahwa tahun lalu Astra Financial menyetor Rp 3,75 triliun atau hampir 20% dari total keuntungan perusahaan induk. Melihat itu, Suparno pun berharap tahun ini performance Astra Finance bisa semakin membaik.

Suparno pun memastikan bahwa lembaga jasa keuangan di bawah Astra Finance akan dikelola secara bijak. Dan terkait suku bunga acuan Bank Indonesia (BI), Suparno mengaku masih akan melihat kemampuan dalam menyerap kenaikan suku bunga tersebut. Termasuk melihat kondisi pasar sebelum memutuskan akan menaikkan bunga pembiayaan atau tidak.

Menurut Suparno, itu merupakan langkah kehati-hatian yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Hal serupa juga berlaku dalam menjaga kondisi kesehatan kredit. Dengan tren kenaikan suku bunga dan pelemahan nilai tukar rupiah saat ini, ia berharap bisa tetap mempertahankan rasio non performing financing (NPF) dari perusahaan pembiayaan yang ada di grup usaha tersebut.

“Secara total NPF perusahaan pembiayaan di Group Astra mencapai sekitar 0,6%,” ujar Suparno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.