Angkasa Pura Klaim Pembebasan Lahan Bandara Yogyakarta Selesai

0
633
Ilustrasi desain Bandara NYIA (Tribun)

Berempat.com – Pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, yang sempat tertunda akhirnya telah selesai sepenuhnya. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Pembangunan NYIA, Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Sabtu (31/3).

“Pembebasan itu ditandai dengan penyerahan hasil pelaksanaan pengadaan tanah Badan Pertanahan Nasional DIY yang berarti PT Angkasa Pura I (Persero) telah membebaskan lahan dengan total seluas 587,30 hektare,” terang Agus.

Seperti yang diketahui, untuk proses pembebasan lahan yang dilakukan PT Angkasa Pura I (Persero) tidaklah singkat. Menurut Agus, setidaknya ada sekitar 112 gugatan yang diterima oleh PT Angkasa Pura I (Persero) atas keberatan nilai ganti rugi yang diberikan.

“Untuk proses pembebasan lahan PT Angkasa Pura I (Persero) telah membayar secara langsung tanah warga seluas 357,20 hektare,” sumbangnya.

Dalam pembebasan lahan tersebut, Agus menjabarkan, perseroan telah memberikan ganti rugi secara keseluruhan sekira Rp 4,13 triliun. Sementara untuk pembayaran langsung kepada warga, perseroan mengeluarkan dana sebesar Rp 2,83 triliun.

Kemudian dana sebesar Rp 262,88 miliar dikeluarkan oleh BUMN PT Angkasa Pura I (Persero) untuk pembayaran ganti kerugian tanah warga melalui proses konsinyasi untuk 319 bidang tanah dengan luas 37,61 hektare.

Sementara itu, pembayaran untuk Paku Alam Ground dilakukan melalui proses konsinyasi empat bidang seluas 160,30 hektare, PT Angkasa Pura I (Persero) telah mengeluarkan biaya sebesar Rp701,51 miliar.

Sedangkan tanah instansi seluas 32,05 hektare, PT Angkasa Pura I (Persero) mengeluarkan Rp228,41 miliar. Pembayaran tanah wakaf seluas 0,14 hektare di wilayah tersebut dengan nilai Rp2,79 miliar pun telah diselesaikan.

Kemudian, tanah yang digarap oleh 342 warga, PT Angkasa Pura I (Persero) telah mengeluarkan dana Rp101,36 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.