Dorong Ekspor Komponen Pesawat, Indonesia Ikut FIA 2018

0
681

Berempat.com – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan daya saing industri nasional. Tujuannya tentu agar bisa bersaing dari segi kualitas produk di pasar domestik maupun global.

“Salah satu upaya tersebut adalah dengan berpartisipasi di perhelatan akbar industri dirgantara dunia, yakni Farnborough International Airshow (FIA) 2018 di Farnborough, Inggris yang akan dilaksanakan tanggal 16-22 Juli 2018,” ujar Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan pada keterangan resminya di Jakarta, Rabu (18/7).

Menurut Putu, keterlibatan Indonesia pada ajang FIA 2018 dapat membantu industri nasional untuk mengakses rantai suplai global industri komponen pesawat terbang. Pasalnya, menurut Putu, industri pesawat terbang memiliki potensi yang cukup besar.

“Industri komponen pesawat terbang merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan melalui pemanfaatan rantai suplai global,” jelas Putu.

Berdasarkan data Trademap, sepanjang tahun 2017 Indonesia telah mengekspor komponen pesawat terbang dengan total nilai US$ 83 juta, dengan potensi pasar dunia mencapai US$ 88 miliar.

“Langkah peningkatan nilai ekspor nasional menjadi salah satu kebijakan pemerintah saat ini, terutama dalam mengatasi neraca perdagangan yang sedang defisit,” ujar Putu.

Rencananya, pada ajang FIA 2018 Indonesia akan menempati area seluas 68.25sqm dan akan diisi oleh perusahaan nasional di sektor industri komponen pesawat terbang.

Perusahaan-perusahaan yang terpilih tersebut dari beragam sektor, mulai yang bergerak di bidang aero structure, component, tools and gauge, avionics, precision parts, rubber-based components, hingga engineering services. Perusahaan tersebut adalah PT Dirgantara Indonesia, PT Pudak Scientific, PT Santoso Teknindo, PT Chroma International, PT Infoglobal Teknologi Semesta, PT Yogya Presisi Tehniktama Industri, dan PT Indonesia Polyurethane Industry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.