TransJakarta Bakal Tambah 116 Unit Bus Volvo untuk Asian Games

0
499
Ilustrasi bus TransJakarta..(Kompas.com/David Oliver Purba)

Berempat.com – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menambah jumlah armada bus TransJakarta untuk pelaksanaan Asian Games mendatang. Adapun bus yang didatangkan ialah Volvo dari Swedia.

“Hari ini kami kerja sama dengan TransJakarta, dan Pemerintah Swedia untuk penyediaan bus Volvo di TransJakarta,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/7).

Sandiaga pun mengaku dirinya sudah sempat mencoba menaiki bus Volvo di Balai Kota. “Ini untuk kesiapan Asian Games,” sambungnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur Utama TransJakarta Budi Kaliwono. Budi menyebut bila pihaknya ditunjuk oleh Pemprov DKI agar aktif dalam pelayanan transportasi untuk Asian Games.

“Tapi kami sesuaikan jadwal kedatangannya sesuai dengan pelaksanaan Asian Games. Supaya pada saat tamu-tamu negara datang nanti, bus kita masih baru,” ungkap Budi.

Untuk jumlah, Budi memaparkan jika pihaknya akan kedatangan sebanyak 300 unit bus baru. 116 unit di antaranya ialah bus Volvo. “Kita akan menyiapkan 300 unit. Jadi selain Volvo, kita juga ada Scania,” terangnya.

Namun Budi mengaku bahwa jumlah tersebut belum dipastikan. Ia mengklaim akan ada pembicaraan lagi dengan pihak INASGOC terkait penambahan bus untuk Asian Games.

“Kami dengar dari INASGOC bahwa ada penambahan atlet menjadi 16.000 orang. Jadi kami lagi tunggu juga apakah mereka butuh bus tambahan. Pada saat mereka butuh bus tambahan, kami juga akan menyiapkan untuk membantu mereka,” tegas Budi.

Saat ini, Budi mengaku jika TransJakarta sudah mengoperasikan 1.600 unit bus. Namun, jumlah tersebut akan meningkat saat pergelaran Asian Games. “Nanti pada Asian Games menjadi 2.000 unit,” terang Budi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.