Melihat Keuntungan Bisnis Juventus Jika Realisasikan Kedatangan Ronaldo

0
331

Berempat.com – Di tengah meriahnya perhelatan Piala Dunia Rusia 2018, rupanya rumor kepindahan pemain megabintang Christiano Ronaldo ke Juventus tak kalah menarik perhatian publik. Kabarnya, kesepakatan ini sudah pada ketentuan mahar transfer yang berada di angka 100 juta euro atau Rp 1,6 triliun.

Selain kesepakatan dengan Real Madrid, kesepakatan dengan sang pemain soal gaji pun dikabarkan sudah hampir mampu dipenuhi oleh Il Bianconerri. Ronaldo menginginkan gaji 30 juta euro per tahunnya.

Upah yang diminta Ronaldo memang terbilang besar. Tapi bila itu dilihat dari segi olahraga secara murni. Sementara, bila melihat dari segi bisnis, tentu saja angka itu tak terbilang besar andai kedatangan Ronaldo bisa membawa keuntungan dari segi finansial klub.

Berkaca dari hal tersebut, sosok Ronaldo memang bisa dibilang cukup menjanjikan untuk menjadi magnet bagi para penggemar sepak bola dan sponsor. Bahkan, dilaporkan Calcio e Finanza, nilai saham Juventus meningkat 22% dalam tiga hari terakhir saat rumor kepindahan Ronaldo mencuat. Kini nilai saham Juventus secara kapital menjadi 825 juta euro, dari yang sebelumnya 665 juta euro. Ada kenaikan senilai 160 juta euro yang dengan kurs saat ini atau sekitar Rp 2,69 T.

Kedatangan pemain megabintang sekelas Ronaldo memang tak hanya berdampak pada performa klub di lapangan, tapi juga dapur keuangan dari segi bisnis. Sepertinya, inilah yang diincar oleh Presiden Juventus, Andrea Agnelli yang sebelumnya lebih senang membeli pemain bintang dengan harga murah bahkan bebas biaya transfer.

Menurut seorang pengamat ekonomi, Michelangelo Verna, kedatangan Ronaldo di Juventus memang bisa mendatangkan keuntungan.

“Saat ini Juventus sudah menjual 19 juta produk dan servis dengan merk dagang mereka di atasnya, namun klub-klub seperti Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona bisa menjualnya empat atau lima kali lipat lebih banyak,” ucap Verna seperti yang diwartakan Sky Sport Italia.

Menurut Verna, jika saja Juventus bersedia membayar upah kotor Ronaldo sebesar 60 juta euro, maka kedatangannya bisa memberikan kenaikkan keuntungan sebesar 50 juta euro per tahun.

Selama ini, kedatangan seorang pemain bintang bagi sebuah klub memang berkaitan dengan lonjakan penjualan merchandise klub. Jersey adalah yang utama. Tapi, sebenarnya keuntungan yang ditawarkan pemain bintang tak sesempit itu bagi sebuah klub, melainkan lebih kepada efek domino.

Bila berkaca pada Juventus yang menjadi salah satu klub kaya di Italia, tentu kedatangan Ronaldo bisa memberikan nilai lebih. Pertama, bisa dilihat dari naiknya saham mereka. Kedua, klub bisa menaikkan nilai tawar pada sponsor. Ketiga, klub juga bisa menaikkan nilai hak siar. Apalagi hampir satu dekade lebih liga Italia cukup melorot dibanding Liga Inggris dan Spanyol.

Efek lain, khusus bagi Andrea Agnelli yang punya kerajaan bisnis, kedatangan Ronaldo juga bisa dimanfaatkan untuk bisnisnya yang lain di luar klub. Saat ini, Agnelli memiliki perusahaan induk Exor yang membawahi Ferrari, FIAT, dan Jeep. Kedatangan Ronaldo ke Juventus tentu akan sangat dimanfaatkan keberadaannya oleh Agnelli.

Bahkan, sudah ada klaim yang menyebut keluarga Agnelli siap menjadikan Ronaldo sebagai ‘wajah’ Ferrari. Penggawa Portugal itu akan jadi mesin promosi baru untuk Ferrari secara global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.