IPO, Saham Anak Usaha MAP Melejit Hingga 50%

0
330

Berempat.com – Pada tahun ini PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk. telah resmi melepas saham perdananya atau initial public offering (IPO). Dengan demikian, perusahaan berkode emiten MAPA ini mencatatkan diri sebagai perusahaan emiten ke-22 di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018.

“Dengan menjadi perusahaan yang tercatat di BEI, dan dengan struktur modal yang kokoh dari hasil IPO, kami berharap bisa meningkatkan brand equity perusahaan,” ujar Sekretaris Perusahaan MAPA Ratih D. Gianda di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (5/7).

MAPA melepas saham perdananya sebanyak 427 lembar saham dengan harga penawaran Rp 2.100 per saham. Di pelepasan perdananya tersebut saham MAPA langsung naik 250 poin atau 11,9% ke posisi Rp 2.350.

Di level tersebut, saham MAPA sudah ditransaksikan sebanyak 3 kali dari 22 lot dengan nilai transaksi mencapai Rp 5,06 juta. Dan tak berselang lama, saham MAP melejit menjadi 1.050 poin atau 50% ke posisi Rp 3.150 per saham dari penawaran semula.

Lewat IPO, perusahaan berhasil memperoleh dana segar sebesar Rp 897 miliar. Rencananya, sekitar 90% dari hasil IPO akan digunakan perusahaan untuk pembayaran obligasi tanpa bunga dan jaminan yang diterbitkan kepada Asia Sportswear Holding Pte. Ltd.

Sementara untuk sisa dari pendanaan akan digunakan sebagai modal kerja anak usaha PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI) tersebut.

“Karena itu IPO ini meningkatkan likuiditas perusahaan dan memungkinkan pertumbuhan bisnis untuk terus berkembang. Kami berharap semoga kita bisa jadi company yang transparan,” jelas Ratih.

Saat ini MAPA diketahui mengoperasikan lebih dari 50 merek di Indonesia, seperti Planet Sport, Sport Stastion, Skechers, PLANET SPORTSASIA, Footgear, Ogaan, The Athlete’s Foot, Golf House, Planet Sports Kids, Linea dan Kidz Station, Reebok, Converse, Onitsuka Tiger, New Era, Rockport, Payless, Steve Madden, Staccato, Clarks, Hasbro, Lego dan masih banyak Iagi.

MAPA memiliki Iebih dari 900 gerai di 71 kota di Indonesia. Di tahun 2018, MAPA berencana untuk membuka sekitar 100 gerai baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.