Gas Elpiji 3 Kg Nonsubsidi Mulai Uji Pasar di Jakarta dan Surabaya

0
509

Berempat.com – Sejak Selasa (3/7) gas Elpiji 3 Kg non-subsidi telah mulai dipasarkan oleh PT Pertamina. Pemasaran gas berukuran mini dengan warna pink tersebut merupakan bagian dari uji pasar. Adapun uji pasar baru terbatas pada dua kota, yakni Jakarta dan Surabaya.

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan, peluncuran gas Elpiji 3 Kg ini merupakan upaya Pertamina dalam memberikan pilihan alternatif bagi konsumen LPG non-subsidi.

“Dengan adanya varian baru LPG non subsidi kemasan 3 kg, maka masyarakat mampu bisa mendapatkan lebih banyak pilihan LPG Bright Gas dalam berbagai kemasan yang melengkapi keseluruhan jenis Bright Gas Family, yaitu kemasan 12 kg, 5,5 kg, 3 kg, dan Can (220 gr),” terang Adiatma dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/7).

Total, untuk uji pasar kali ini sebanyak 5.000 tabung telah dipasarkan. Pertamina menyatakan produk ini akan memenuhi kebutuhan masyarakat mampu yang dibuat dengan kemasan yang praktis. Pertamina juga mengklaim jika produk ini lebih aman dan sulit dipalsukan karena dilengkapi hologram.

Keamanan yang dimaksud yaitu adanya teknologi katup ganda (Double Spindle Valve System) yang lebih aman dalam mencegah kebocoran LPG. Sementara untuk menjaga keaslian produk dilengkapi dengan segel hologram yang tidak dapat dipalsukan. Jika konsumen menerima tabung dengan kondisi segel rusak, Adiatma menyarankan agar segera mengembalikannya ke lokasi penjualan.

Adiatma pun mengatakan, uji pasar gas Elpiji 3 Kg nonsubsidi ini merupakan tindak lanjut dari uji pasar yang pernah dilakukan pada November 2017 lalu di Tangerang, Banten.

Adapun gas Elpiji 3 Kg nonsubsidi untuk wilayah Jakarta akan tersedia di beberapa SPBU seperti SPBU COCO Kuningan, SPBU COCO Pondok Indah, SPBU COCO MT Haryono, dan SPBU COCO Lenteng Agung.

Lalu, tersedia juga di Apartemen Baywalk Pluit, Apartemen Springhills Kemayoran, Apartemen Gading Nias Kelapa Gading, Apartemen Kalibata City, Apartemen Green Pramuka Rawamangun, Apartemen Mediterania Tanjung Duren, dan kawasan perumahan Pondok Indah Kebayoran Baru Jakarta. Sementara di Surabaya akan dijual di wilayah Pakuwon.

“Tentunya pemilihan lokasi penjualan kami sesuaikan dengan kondisi masyarakat yang ada, di mana kami juga melihat adanya kebutuhan masyarakat untuk menggunakan LPG nonsubsidi dengan kemasan lebih kecil dari 5,5 kg,” ungkap Adiatma.

Soal harga, selama uji pasar masyarakat dapat membeli gas Elpiji 3 Kg nonsubsidi untuk tabung perdana seharga Rp 184.000 di agen gas LPG, sedangkan di SPBU COCO seharga Rp 187.000.

Sementara untuk isi ulang seharga Rp 39.000 per tabung di Agen LPG nonsubsidi dan belum termasuk ongkos kirim. Dan untuk isi ulang di SPBU COCO harganya Rp 42.000.

Saat ini, Pertamina juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan tukar tambah. Konsumen cukup menukarkan 1 tabung Elpiji 3 kg dan membayar Rp 81.500 di Agen LPG nonsubsidi, maka konsumen dapat membawa pulang 1 tabung Bright Gas 3 kg yang siap digunakan. Sedangkan, untuk di SPBU cukup menambah Rp 84.500.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.