MDI Ventures Telkom Indonesia Pimpin Investasi US$ 4 Juta ke Anchanto

0
571

Berempat.com – Moda ventures milik Telkom Indonesia, MDI Ventures telah memimpin pendanaan Seri C untuk perusahaan teknologi Asia Saas yang bermarkas di Singapura, Anchanto. Pendanaan ini merupakan pendanaan putaran pertama dengan jumlah investasi mencapai US$ 4 juta atau Rp 57 miliar (kurs Rp 14.437).

Menurut keterangan resmi yang didapat Berempat.com pada Selasa (3/7), investasi dari MDI Ventures datang setelah adanya pendanaan Seri B dari Transcosmos Inc. Jepang dan Luxasia Group Singapura pada Mei 2017 lalu.

Anchanto pun berencana menggunakan dana yang didapat untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun kehadiran regional Asia Tenggara yang lebih kuat. Saat ini, Anchanto sudah membuka beberapa cabangnya di luar Singapura, seperti di Malaysia, Indonesia, Filipina, India, dan Australia.

Bagi yang belum tahu, Anchanto adalah perusahaan teknologi e-Commerce SaaS global yang digunakan untuk logistik e-Commerce dan penjualan multi-saluran. Platform SaaS Anchanto dpaat menghubungkan penjual e-Commerce, merek, pengecer, serta penyedia layanan pergudangan dan pemenuhan ke lebih dari 70 saluran penjualan e-Commerce.

SelluSeller.com, merupakan produk SaaS khas Anchanto yang berguna untuk penjual dan merek penyedia solusi perangkat lunak untuk mengelola inventaris, pesanan, dan katalog di lebih dari 50 pasar yang berbeda di Asia.

Anchanto juga menawarkan model business to business (B2B) dan B2C e-Commerce SaaS Warehouse Management System (eWMS) dengan Sistem Manajemen Inventori terpadu (IMS) dan Sistem Manajemen Pesanan (OMS).

Selama 12 bulan terakhir, penjual di seluruh wilayah Saas telah memproses lebih dari 12 juta pesanan, dengan total nilai lebih dari US$ 258 juta (Rp 3 triliun) dalam volume barang dagangan kotor (GMV) melalui platform SelluSeller dan eWMS.

Dengan adanya pendanaan dari MDI Ventures, CEO dan Founder Anchanto, Vaibhav Dabhade mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan strategi dasar Anchanto Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, kami bertujuan untuk memungkinkan ribuan UKM Indonesia, Usaha Mikro-UKM, dan perusahaan untuk bergabung dengan kereta e-Commerce. Pada dasarnya, kami akan memberdayakan pengusaha Indonesia untuk meningkatkan skala bisnis mereka di pasar e-Commerce terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Vaibhav.

Telkom diyakini dapat membantu tujuan Achanto karena memiliki basis pengguna yang kuat, yakni lebih dari 170 juta. Tentu, Vaibhav meyakini bahwa platform digital, pembayaran seluler, dan solusi bisnis adalah mitra ideal bagi Anchanto untuk bisa melonjak di Indonesia.

“DELON (Depo Logistik Online), platform logistik bersama Pos Indonesia dan Telkom Indonesia, memiliki pusat pemenuhan yang berjalan di platform eWMS Anchanto. Yang menarik, MDI adalah pelanggan ketiga yang berinvestasi di kami. Ini adalah suara kepercayaan yang sangat baik dalam teknologi, tim, visi, dan strategi kami dari para pengguna platform perangkat lunak kami,” tambah Vaibhav.

Sementara itu, Managing Director Metra Logistics, Divisi Bisnis Logistik Telkom Indonesia, Natal Iman Ginting beranggapan bahwa menjadi mitra eksklusif Anchanto akan mampu memperluas bisnis, termasuk lintas batas untuk memberdayakan UKM Indonesia ke wilayah ini.

“Telkom Group akan menggunakan teknologi Anchanto untuk menyediakan integrasi solusi O2O dan kemampuan e-logistik termasuk pengiriman lintas batas, multi-lokasi pergudangan, lokalisasi hiper yang memungkinkan perusahaan untuk menjual pasar global melalui SelluSeller dan eWMS,” ungkap Natal.

CEO dan Direktur Investasi MDI Ventures, Nicko Widjaja pun tak mau ketinggalan berkomentar. Menurutnya, investasi ini akan melengkapi solusi e-commerce end-to-end yang saat ini ada dalam portofolio. Juga dapat memberdayakan ekosistem e-commerce nasional.

“Investasi ini melengkapi upaya kami di sektor e-commerce, menangani segmen pasar yang berbeda dari lanskap logistik Indonesia dengan pendekatan yang berbeda. Teknologi logistik memiliki potensi besar untuk meningkatkan lanskap e-commerce di Indonesia,” ungkap Nicko.

“eWMS Anchanto menyediakan salah satu sistem terbaik yang berdedikasi untuk melakukan sinkronisasi di seluruh manajemen gudang, transportasi, dan sistem analisis,” pungkas Nicko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.