Danain, Layanan Fintech P2P Lending Berbasis Agunan Pertama di Indonesia

0
922
CEO Danain Budiardjo Rustanto saat menjelaskan kepada wartawan mengenai platform Danain di Jakarta, Selasa (3/7). (Dok. Danain)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Berbagai layanan teknologi finansial (financial technology/fintech) sebagai penyedia dana pinjaman telah banyak bermunculan di Indonesia. Namun, kali ini PT Mulia Inovasi Digital meluncurkan layanan teknologi finansial yang baru. Yakni danain.co.id, sebuah layanan pendanaan dengan model bisnis peer to peer (P2P) lending dengan agunan.

Sebagai pionir, danain menawarkan pengalaman investasi yang aman dan menguntungkan bagi Lender (pendana).

CEO Danain Budiardjo Rustanto menjelaskan, dengan mengusung tagline ‘Aman dengan jaminan, dana pasti berkembang’ Danain mengajak masyarakat Indonesia untuk memliki opsi berinvestasi dengan cara yang aman, cepat, dan mudah. Melalui platform Danain, Budi mengklaim bahwa masyarakat bisa menginvestasikan dananya dengan cara yang aman.

“Hanya dengan maksimal 4 bulan bahkan dalam hitungan hari apabila peminjam melunasi pinjamannya lebih cepat. Nilai pokok dan bunganya sudah berkembang dan bisa dinikmati hasilnya yang mana nilainya di atas dari suku bunga deposito tanpa potongan apa pun,” jelas Budi dalam keterangan pers, Selasa (3/7).

Top Mortar gak takut hujan reels

Lebih lanjut, Danain diklaim berbeda daripada P2P lending kebanyakan yang ada di Indonesia. Pasalnya, Danain melakukan pendanaan yang semuanya berbasis agunan. Pastinya, nilai agunan yang diterima lebih besar daripada nilai pendanaan.

Saat ini, agunan yang dimaksud ialah berupa emas perhiasan atau logam mulia yang harganya stabil cenderung naik dari waktu ke waktu. Emas juga merupakan barang agunan yang likuid atau mudah dijual.

Dan untuk memastikan keakuratan taksasi dan keaslian emas yang menjadi agunan tersebut, Danain saat ini menggandeng mitra PT Mas Agung Sejahtera (PT MAS) yang merupakan salah satu perusahaan pegadaian swasta di Indonesia dengan jumlah cabang lebih dari 50 dan tersebar di beberapa daerah.

Menurut Budi, PT MAS dikelola oleh tim yang sangat berintegritas tinggi dan berpengalaman puluhan tahun dibidang pegadaian. Dan telah terdaftar juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sementara itu, menurut Direktur Utama Serba Mulia Group dan Co-founder Danain, Sutanto Adi Lunarso, pihaknya selalu melihat peluang pasar yang sedang atau akan menjadi tren ke depan. Dengan bisnis unit terbaru perusahaan, yakni Danain, ia berharap dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat dalam meningkatkan inklusi keuangan.

“Kami optimis dengan totalitas tim yang terbaik dan selalu menjaga reputasi terbaiknya, maka danain akan menjadi the next unicorn di Indonesia,” ujar Sutanto.

Danain merupakan bisnis unit terbaru dari Serba Mulia Group yang sudah berdiri dari tahun 1977 dan telah memiliki banyak unit bisnis lain yang bergerak di bidang automotif, multifinance, koperasi simpan pinjam (KSP), dan pegadaian sektor swasta dengan total karyawan mencapai 2.200 orang.

Untuk Danain sendiri sudah mendapat izin dari OJK dengan nomor S-280/NB.213/2018 per tanggal 20 April 2018, dan telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) untuk situs resminya di www.danain.co.id.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.