Industri Semen Masih Belum Mampu Keluar dari Tekanan

0
465

Berempat.com – Kelebihan pasokan nampaknya masih menjadi momok bagi industri semen Tanah Air. Pasalnya, hal tersebut masih membuat industri satu ini berada dalam tekanan. Menurut data dari Asosiasi Semen Indonesia (ASI), di tahun 2018 antara kapasitas terpasang dengan permintaan cukup timpang. Untuk kapasitas terpasang mencapai 107 juta ton, sedangkan permintaan hanya tumbuh 6% menjadi 72 juta ton.

Kondisi tersebut pun makin diperparah dengan persaingan yang terjadi antarperusahaan, baik perusahaan nasional maupun multinasional. Misalnya seperti beberapa perusahaan asal Cina dan Thailand yang memiliki kapasitas terpasang di Indonesia sekitar 23 juta, atau setara dengan 21% dari total kapasitas.

Sementara itu, Analis Indo Premier Sekuritas Hasan mengungkapkan bahwa kompetisi antarperusahaan semen masih berlangsung hingga tahun depan. Bahkan, dalam sebuah riset ia menemukan adanya sentimen negatif lain yang dapat membayangi industri semen, yakni kenaikan harga batubara dan pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.