Pasokan Listrik Jawa-Bali Dipastikan Aman Selama Momen Lebaran

0
285
Ilustrasi. (Detik.com/Muslimin Abas)

Berempat.com – Pasokan listrik menjadi hal yang cukup disoroti saat mulai menjelang Lebaran. Namun, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng memastikan bila pasokan listrik selama momen Lebaran aman.

Pasalnya, menurut Andy, pada perayaan Idul Fitri konsumsi listrik cenderung menurun sehingga cukup untuk melayani beban puncak. And menjelaskan, polanya adalah H-4 sampai H+4 Lebaran konsumsi listrik di Jawa-Bali maupun nasional cenderung menurun.

Lebih lanjut, Andy memaparkan bila saat Lebaran nanti daya mampu pembangkit Sistem Jawa Bali (SJB) sebesar 28.148 MW. Jumlah tersebut pun diklaim cukup untuk melayani beban puncak Lebaran yang diperkirakan mencapai 16.069 MW.

Selain itu, dengan menurunnya konsumsi listrik pada momen Lebaran membuat PLN dapat mengistirahatkan pembangkit listriknya.

“Ada 18 pembangkit yang tidak dijalankan. Itu kurang lebih 7.700 MW. Jadi ada sekitar 10.000 MW aja cadangannya,” imbuh Andy di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/6).

Berkurangnya konsumsi listrik sendiri dikarenakan banyak industri sebagai konsumen listrik terbesar yang menutup operasinya.

Tahun ini, pemakaian listrik untuk wilayah Jawa-Bali berkurang hingga 16%. Pada hari biasa, klaim Andy, daya pembangkit SJB dapat mencapai 33.621 MW dengan beban puncak sebesar 25.880 MW.

Andy pun mengapresiasi pekerja PLN yang masih bertugas menjaga pasokan listrik saat masyarakat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, menjaga keandalan pasokan listrik merupakan keharusan agar masyarakat tetap nyaman.

“Terima kasih kepada para petugas PLN yang bersedia menjaga keadaan pasokan listrik demi kenyamanan masyarakat. Termasuk pada karyawan administrasi yang juga standby on call 24 jam,” ungkap Andy.

Dan sebagai langkah untuk menjaga kestabilan pasokan listrik, PLN sudah membentuk Posko Lebaran yang beroperasi 24 jam. Posko Lebaran PLN tersebar di seluruh wilayah dan siaga mulai H-7 sampai dengan H +7. Upaya ini dilakukan untuk menjaga pasokan listrik dan antisipasi gangguan jaringan selama Lebaran dan sesudahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.