Atur Strategi Persaingan, Semen Padang Incar Proyek Infrastruktur

0
833
Ilustrasi. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Berempat.com – Serapan semen di pasar domestik saat ini cenderung melesu seiring dengan lebihnya kapasitas produksi. Sebab itu, guna bisa menanggulangi kondisi tersebut PT Semen Padang kini mengincar proyek infrastruktur yang tengah digarap pemerintah.

Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi mengungkapkan, sejumlah proyek yang sedang diincar oleh Semen Padang di antaranya tol Padang-Pekanbaru, Pasar Atas Bukittinggi pascaterbakar, dan beberapa proyek kecil yang pendanaannya menggunakan dana desa.

“Sebisa mungkin (semua proyek itu) tetap pakai produk lokal, termasuk semennya,” sambung Khairul Jasmi, Kamis (31/5).

Sementara itu, menurut Direktur Keuangan Semen Padang Tri Hartono Rianto, saat ini banyak pekerjaan rumah yang harus dihadapi oleh perusahaan semen lokal. Pasalnya, sudah banyak merek semen asing yang membanjiri pasar dalam negeri. Ia menyebut, untuk di Jawa saja produsen asal Taiwan, Thailand, Cina, maupun pemain lama seperti Holcim dan Indocement turut meramaikan pasar.

“Pasar Sumatra masih kita kuasai tapi persaingan ketat, maka mau tak mau kita harus atur strategi,” jelas Tri.

Tri pun mengungkapkan, nyaris seluruh produsen semen pada 2017 mengalami penurunan laba bersih hingga 55%. Ia menggambarkan laba bersih PT Semen Indonesia sebagai induk Semen Padang yang anjlok separuhnya dari Rp 4 triliun di 2016 menjadi Rp 2 triliun di 2017. Dan untuk Semen Padang sendiri, laba bersihnya terkoreksi 30%.

Stratgei lain pun saat ini sedang diusung Semen Padang untuk menekan anjloknya laba perusahaan, yaitu efisiensi produksi. Bahkan, korporasi menargetkan adanya nilai efisiensi hingga Rp 200 miliar pada 2018 ini.

Tapi, sayangnya, upaya tersebut diyakini belum cukup untuk mendongkrak kinerja keuangan. Harga batu bara yang melonjak membuat biaya produksi ikut naik. Di sisi lain, produsen semen tak bisa menaikkan harga jual semen demi meraih pasar.

“Makanya, jalan lain adalah menyasar proyek infrastruktur. Termasuk, tol dan dana desa,” ungkap Tri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.