95% Rampung, Bandara Ahmad Yani Bisa Beroperasi saat Mudik

0
619

Berempat.com – Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang sekarang sudah memasuki tahap pembangunan yang hampir rampung. Diungkap oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, tahap pengerjaan bandara tersebut sudah mencapai 95%. Karena itu, menurut Faik, penerbangan perdana sudah bisa dilakukan pada 6 Juni 2018 mendatang.

“Memang belum 100 persen selesai. Akan tetapi, lebih baik dari terminal lama, dan mudah-mudahan upaya yang dilakukan dengan pengoperasian terminal baru ini bisa berjalan sesuai dengan rencana,” ujar Faik seperti dikutip dari Antara, Selasa (29/5).

Proses perpindahan fasilitas dari terminal lama ke terminal baru dijadwalkan akan dilakukan pada 5 Juni 2018, atau sehari sebelum jadwal penerbangan perdana. Dengan begitu, Bandara Internasional Ahmad Yani ini bisa digunakan fungsional pada arus mudik Lebaran 2018.

Faik mengungkapkan, pihaknya terus berupaya mempercepat pembangunan bandara bersama pihak terkait. Pasalnya, pembangunan bandara ini merupakan salah satu proyek strategis nasional. Untuk diketahui, nilai investasi untuk proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ini sebesar Rp 2,2 triliun.

Lebih lanjut, Faik juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan running test pada Kamis (31/5) besok. Tujuannya tak lain untuk mengetahui seluruh sarana prasarana di terminal baru apakah layak atau tidan untuk dioperasikan.

“Usai Lebaran, bandara tetap akan digunakan sambil dilengkapi fasilitas-fasilitas bandara baru yang belum selesai, area-area komersial yang ada di bandara, dan area parkir agar seusai dengan kapasitas sebanyak 2.000 kendaraan,” ungkapnya.

Bila nanti sudah selesai dibangun, terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akan mampu menampung 7 juta penumpang per tahun. Berbanding jauh dengan kapasitas terminal lama yang hanya mampu menampung 800 ribu penumpang per tahun.

Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memiliki luas area 58.652 meter persegi. Area itu hampir sembilan kali lebih besar daripada luasan terminal eksisting yang hanya 6.708 meter persegi. Luasan apron baru mencapai 72.522 meter persegi yang dapat menampung 13 pesawat narrow body atau konfigurasi 10 pesawat narrow body dan dua pesawat wide body kargo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.