Naiknya Cukai Rokok di 2019 Bisa Pertaruhkan Nasib Buruh

0
1348
Beberapa merek rokok terpampang di estalase sebuah toko. (Kompas.com/Sigiranus Marutho Bere)

Berempat.com – Industri rokok di Indonesia sudah dipandang sebagai industri ‘basah’ sejak lama. Karena itu, pemerintah pun tak segan menaikkan biaya cukai rokok dari tahun ke tahun. Namun, rupanya ketetapan tersebut saat ini dianggap kian memberatkan pengusaha rokok.

Permintaan agar pemerintah tak menaikkan terlalu tinggi cukai rokok di tahun depan disampaikan oleh Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman (FSP RTMM-SPSI) Sudarto. Menurutnya, kenaikan cukai rokok yang terlalu tinggi dapat memukul industri yang kemudian sangat berdampak pada pekerja.

Karena itu, Sudarto pun meminta pemerintah untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan. Pasalnya, kesejahteraan pekerja yang menjadi taruhan.

“Sebaiknya pemerintah berhati-hati dalam menentukan kenaikan cukai. Hal ini mengingat dampak langsung menurunnya kesejahteraan pekerja, dan bahkan kehilangan pekerjaan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (30/5).

Pasalnya, terang Sudarto, cukai rokok yang terlalu tinggi dapat mengganggu pendapatan pabrik rokok. Dan kalau pendapatan sudah terganggu, maka sudah pasti hal tersebut akan memicu pada keputusan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Buruh rokok hanya dipandang sebagai alat, bukan aset oleh pemerintah,” ujarnya.

Pernyataan Sudarto tersebut pun diamini oleh Ketua Paguyuban Mitra Produksi Sigaret-Kretek Indonesia Djoko Wahyudi. Menurutnya, menaikkan cukai rokok justru akan berdampak negatif terhadap negara. Karena itulah ia mengaku sampai menulis surat kepada pemerintah dan Kementerian Keuangan untuk meminta agar cukai rokok tak dinaikkan.

Pasalnya, menurut Djoko, keputusan untuk menaikkan cukai rokok dapat menjadi malapetaka bila ternyata ada kebijakan yang tidak sesuai nantinya.

“Terlebih dengan situasi seperti ini di mana pemerintah lagi banyak membangun dan butuh uang. Kalau dinaikkan lagi, ya salah,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.