Ini yang Dilakukan Multistrada Arah Sarana dengan Belanja Modal US$ 26 juta

0
411

Berempat.com – Tahun ini PT Multistrada Arah Sarana Tbk. telah mempersiapkan belanja modal sebesar US$26 juta. Rencananya, belanja modal tersebut digunakan perusahaan untuk menambah kapasitas pabrik ban mobil dan motor yang hampir mencapai titik jenuh.

Capex (belanja modal) kami US$26 juta, 90%-nya akan digunakan untuk penambahan kapasitas,” ungkap Direktur Keuangan Multistrada Arah Sarana Yohanes Ade Bunian dalam paparan publik di Jakarta, Rabu (23/5).

Sementara itu, terkait dana untuk belanja modal, Yohanes menerangkan bahwa perusahaan akan mendapatkan dari pinjaman perbankan dan kas internal.

Dan terkait kapasitas produksi yang hampir berada di titik jenuh, Multistrada menjabarkan data bila kapasitas produksi ban motor mereka utilisasinya sudah mencapai 96% dari output maksimum sebesar 16.000 unit ban per hari. Karena itu, perusahaan ingin menambah sejumlah mesin guna meningkatkan kapasitas menjadi 20.000 unit ban per hari.

Kemudian untuk kapasitas produksi ban kendaraan roda empat (PCR), saat ini utilisasinya sebesar 30.000 unit per hari. Perusahaan pun berniat meningkatkan produksi menjadi 33.000 unit per hari.

Adapun alasan Multistrada memilih meningkatkan kapasitas produksi ialah untuk mengerek pendapatan 2018 yang ditargetkan mencapai 10%—12%.

Wakil Presiden Direktur Multistrada Arah Sarana J. Sukarman menyampaikan, pada tahun lalu penjualan bersih perseroan naik berkat penjualan PCR dan ban motor ke pasar ekspor yang masing-masing tumbuh 25% dan 42%.

“Dari total penjualan bersih perseroan tahun lalu, 67% merupakan penjualan ekspor dan sisanya dipasarkan di domestik. Peningkatan nilai penjualan bersih terbesar pertama berada pada pasar Amerika Serikat yang naik 62%,” ungkap Sukarman.

Sebagai informasi, pada kuartal I tahun 2018 Multistrada mencatatkan penjualan PCR mencapai 2,1 juta unit atau naik 14% (yoy), sedangkan penjualan ban motor meningat 4% menjadi 1,5 juta unit. Nilai penjualan pada kuartal I tahun 2018 sebesar US$79 juta, atau meningkat 21% dibandingkan kuartal periode sama di tahun lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.