Dampak Borobudur Marathon: Ekonomi dan Bisnis Magelang dan Sekitarnya Melesat

0
90

 

Sekitar 30 ribu orang tumpah ruah meramaikan gelaran olahraga nasional berskala internasional Borobudur Marathon 2019. Ajang yang menjadi “Hari Raya”-nya para Runners ini sukses digelar di pelataran Candi Borobudur dan kawasan sekitar Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Minggu (17/11/2019).

Tak kurang 10.900 Runners antusias mengikuti event yang telah dihelat selama 3 tahun berturut-turut ini. Bukan hanya pelari domestik dari berbagai daerah, tercatat 350 pelari dari 35 negara ikut meramaikan Borobudur Marathon 2019 ini. Jumlah Runners internasional pun meningkat dari 150 orang tahun sebelumnya.

Antusiasme Runners mengikuti Borobudur Marathon 2019 ini tentu berdampak positif pada pergerakan roda perekonomian dan bisnis bagi masyarakat sekitar Magelang, Sleman hingga Yogyakarta.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinung N Rachmadi menyebut jumlah wisatawan yang datang dalam rangkaian acara tersebut meningkatkan akupansi hotel, penginapan, hingga banyak rumah-rumah yang dialihfungsi menjadi penginapan dadakan.

Bukan hanya itu, tiket pesawat terbang tujuan Yogya dan Solo, tiket Kereta Api pun ludes hingga permintaan Travel menuju Magelang pun sangat tinggi. Tak salah kiraya jika Sinung optimis perputaran uang di Magelang melebihi tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau tahuan 2017 perputaran uang mencapai Rp 17 miliar, lalu naik 72 persen menjadi Rp 29 miliar pada 2018, saya yakin tahun ini dengan berbagai persiapan yang lebih maksimal dan keistimewaan event tahun ini, jumlahnya akan lebih tinggi lagi,” paparnya.

Penyelenggara Borobudur Marathon 2019 Budiman Tanuredjo menambahkan perputaran uang para Runners pada Borobudur Marathon ini, menunjukkan dampak besar perhelatan akbar bagi pertumbuhan ekonomi dan bisnis daerah. Dampak besar itu bisa langsung dirasakan warga, seperti jalan desa yang semakin baik, dan yang tak kalah penting bisnis kuliner daerah khas Megelang dan sekitarnya semakin dikenal dan laris manis.

“Bagi masyarakat lokal mendapat manfaat, apalagi beragam kuliner yang ditawarkan pada Pasar Harmony yang kita ciptakan, mampu menjadi daya tarik tersendiri,” kata Budiman.

Borobudur Marathon berlangsung dalam 3 nomor lomba, yakni marathon jarak 42,195 kilometer, half marathon sejauh 21,1 kilometer, dan 10K

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.