Bisnis “Tanpa Modal” Tumblers Custom

0
1313
Tumbler (dok tokopedia)

 

Tumblers, atau biasa disebut botol minimal ini bisa dibilang merupakan produk usaha yang selalu dibutuhkan untuk semua kalangan, sebagai penyimpan air mineral, teh, kopi, susu, sari buah, hingga soft drinkTumbler ini pun bisa dipakai untuk beraktivitas seperti bersepeda, jogging, fitness, gym ataupun aktivitas lainnya.

Semakin meningkatnya kebutuhan tumbler di masyarakat, sudah pasti akan berjamurnya usaha-usaha sejenis tersebut. Maka dari itu, agar bisa keluar dari persaingan yang ketat, Anda bisa membuat inovasi lain dari produk tumbler, yakni dijual dengan cara custom.

Untuk merintis usaha tumbler custom ini tidak membutuhkan modal banyak. Bahkan di awal usaha Anda bisa memulainya dengan modal “nol”, dengan cara Anda meminta uang DP terlebih dulu kepada pemesan. Uang tersebut bisa dijadikan modal untuk membuat tumbler custom. namun bila Anda ingin membuat produk ready stock, cukup bermodal Rp 500 ribu, yang digunakan untuk membuat produk master sebagai contoh barang.

Tumbler custom ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tumbler kebanyakan. yang membuatnya terlihat beda adalah background dari tumbler yang bisa dipesan sesuai keinginan konsumen, misalnya tokoh kartun kesukanaan, tulisan, logo perusahaan. Untuk botol minum custom sendiri yang terbuat dari plastic berukuran 250 ml dengan harga Rp 15 ribu untuk pemesanan 1000 buah, karena dengan naik cetak harus 1000 untuk mesin cetak digital supaya mendaparkan cetakan yang berkualitas.

Perlengkapan dan Proses Pembuatan

Dalam membuat tumbler custom ini, bahan utama yang dibutuhkan adalah botol minum (tumblers) polos dan juga stiker sebagai media untuk membuat wall stikcer. Sementara itu, untuk peralatan yang perlu dipersiapkan ialah mesin cetak, dan perlengkapan komputer atau laptop. Bahan baku dan peralatan usaha sangat mudah ditemukan di pasar grosir dan pusat percetakan.

Selanjutnya untuk proses membuat botol minum ini yang perlu dilakukan adalah membongkar bagian tengah tumbler. Setelah itu, langkah berikutnya adalah membuat desain gambar yang diinginkan dengan menggunakan software photoshop yang kemudian dicetak di atas media kertas stiker. Nah, stiker gambar yang tercetak, lalu di potong dengan rapi. Stiker gambar tersebut di masuk sela tumbler pada bagian tengah. Bila sudah di pasang jam siap untuk dipasarkan.

Pemasaran dan Prospek

Botol minum custom ini bisa bertahan lama, menariknya tak hanya anak-anak yang bisa menggunakannya, tetapi kaum muda dan pun juga banyak yang menggunakan botol minum tersebut. Prospek usaha ini masih terbilang sangat bagus dan keuntungan yang sangat menggiurkan. Apalagi apabila kita menjual satu buah botol dengan harga kisar 50 ribu-70 ribu dengan desain gambar yang banyak dicari orang.

Pemasaran awal yang dapat dilakukan yakni dengan menawarkan ke lingkungan perusahaan, kampus dan tempat tinggal sekitar seperti sekolah. Ditambah dengan pemasaran melalui jalur online dengan memanfaatkan jejaring sosial Facebook, Twitter, dan blog. Menjalankan usaha ini hampir tidak menemukan kendala yang berarti. Namun pelaku usaha diharapkan untuk terus berkreasi seperti contoh tumblers Rain bow yang terbuat dari bahan keramik dengan desain sesuai konsumen dan ide unik lainnya agar usaha ini tetap bertahan.

 

Oleh: Benyamin Prayogo

Pemilik www.rajanyapromosi.com

Pejaten Village Lt. LG No.K5, Jakarta Selatan

Website: www.rajanyapromosi.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.