Jakarta Fair 2022 Capai Omzet 7,3 Triliun

(Dok: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta – Jakarta Fair 2022 membukukan nilai transaksi mencapai Rp7,3 triliun selama 39 hari penyelenggaraan sejak 9 Juni hingga 17 Juli 2022.

“Setelah dua tahun karena pandemi tidak diselenggarakan, tahun ini tidak kurang 6,9 juta pengunjung dengan total omzet Rp7,3 triliun,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada penutupan Jakarta Fair di Kemayoran, Jakarta, Minggu malam (17/7).

Ajang tahunan itu baru diadakan setelah vakum selama dua tahun karena terkendala pandemi COVID-19 dengan pelaksanaan terakhir pada 2019.

Berdasarkan catatan pelaksana Jakarta Fair, penyelenggaraan pada 2019 tercatat nilai transaksi mencapai Rp7,5 triliun dengan pengunjung mencapai 6,8 juta selama 40 hari kegiatan.

“Mudah-mudahan dengan tema bangkitnya perekonomian Jakarta dan dengan adanya Jakarta Fair akan memberikan kontribusi tersendiri yang luar biasa,” imbuhnya.

Riza mengungkapkan ajang pameran itu juga menjadi kesempatan bagi promosi produk lokal dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk naik kelas dan berdaya saing.

Ia menyebut pameran itu merupakan ajang terbesar di Asia Tenggara, juga ajang terlama dan terlengkap ada di Jakarta.

“Pameran ini juga memberikan peluang kewirausahaan bagi masyarakat dan mengangkat level para perajin, UMKM, koperasi, bahkan pedagang kaki lima bisa naik kelas hadir di sini,” katanya.

Sementara itu, Managing Director of Jakarta International Expo (JIExpo) Prajna Murdaya menjelaskan selama 39 hari, ajang pameran itu diikuti sekitar 2.500 peserta dengan 1.500 gerai.

“Sebanyak 35 persen di antaranya adalah UMKM dan turut membantu menyerap puluhan ribu tenaga kerja,” ucapnya.

Pada tahun 2022 ini merupakan gelaran ke- 53 diselenggarakannya event Jakarta Fair Kemayoran dengan harapan dapat membuat produk Indonesia maju di dalam pasar domestik dan dunia. Event ini digelar dalam rangka sekaligus memeriahkan HUT Kota Jakarta yang ke-495. Jakarta Fair secara rutin digelar setiap tahunnya, sejak tahun 1968. Namun dalam dua tahun terakhir penyelenggaraan Jakarta Fair terpaksa ditunda karena mengikuti anjuran peraturan pemerintah terkait penanganan Covid-19. Hadirnya Jakarta Fair pada tahun akan menjadi pengobat rindu bagi masyarakat akan hadirnya event akbar di pertengahan tahun 2022 ini. Ajang ini sekaligus menjadi destinasi wisata liburan bagi masyarakat dari dalam dan luar Jakarta.

Jakarta Fair Kemayoran 2022 memamerkan produk-produk ungggulan dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, teknologi informasi, perlengkapan olah raga, fashion and garment, peralatan rumah tangga, furniture, barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal and medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain.

Selain menggelar konser musik di panggung utama yang akan menampilkan berbagai musisi ternama seperti Endak soekamti, Tipe x, Maliq & d’essentials, Virgoun, Last child, Godbless dan Endah n Rhesa. Jakarta Fair Kemayoran juga akan menyajikan berbagai acara menarik seperti parade karnaval, kontes Miss Jakarta Fair, kegiatan donor darah dan vaksinasi Covid-19 serta tidak ketinggalan kemeriahan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini.

Selain sebagai ajang pameran bisnis termasuk UMKM, Jakarta Fair juga dimeriahkan hiburan dari para musisi kenamaan dan pada penutupan ini dihibur oleh penyanyi muda, Ardhito Pramono.