Kontribusi Aplikasi Bisnis dan Kasir POST Bantu UKM di Masa Pandemi 

0
82

Pemulihan ekonomi dalam membantu UKM untuk bertahan melewati masa pandemi Covid-19 terus diberikan oleh banyak pihak baik itu pelaku industri maupun pemerintah. Di satu sisi, para pelaku UKM pun tidak pantang menyerah melakukan cara-cara baru dan inovasi dalam mengubah tantangan menjadi peluang untuk memacu penjualan.

Selaras dengan apa yang dilakukan oleh UKM, POST. yang merupakan Aplikasi kasir dan bisnis turut serta membantu UKM dalam menyediakan fasilitas layanan digital agar pelanggan nyaman dan aman berbelanja di tempatnya. Tidak hanya mendigitalisasi UKM dari sisi pencatatan keuangan, kasir, hingga manajemen toko, POST. juga turut berinovasi dengan menyediakan pilihan pembayaran tunai dan e-wallet sebagai langkah pencegahan resiko penyebaran Covid-19.

Selama masa pandemi Covid-19, aplikasi kasir dan bisnis POST. yang merupakan bagian dari Fazz Financial Group mencatatkan pertumbuhan bisnis yang signifikan. Sejak peluncurannya di Bulan Maret 2020, sudah lebih dari 50.000 UKM telah terdaftar dengan ekosistem aplikasi kasir dan bisnis POST. Jenis usaha yang sudah bergabung antara lain adalah bidang F&B (makanan dan minuman), Jasa (salon, klinik kecantikan, pangkas rambut), dan juga retail.

“Solusi dari aplikasi POST. sesuai kebutuhan UKM untuk dapat mengembangkan bisnis secara digital dengan memudahkan merchant dalam mengelola bisnis, dari mulai catat transaksi, terima metode pembayaran e-wallet dan kartu, kelola stok, kelola karyawan, mengirim struk lewat whatsapp, memantau pengeluaran bisnis, semua dalam 1 aplikasi, dalam genggaman pemilik bisnis, dan yang paling penting dengan layanan lengkap dan kualitas baik yang POST berikan, kami memberikan harga yang terjangkau agar dapat membantu pengusaha UKM di seluruh Indonesia” ungkap Reza Rizky Darmawan, VP of Business POST., dalam siaran pers (23/11).

“Hal ini tercermin dari pertumbuhan pengguna aplikasi kasir dan bisnis POST. pada saat pandemi ini terus meningkat seiring dengan adanya kebutuhan para pelaku bisnis. Hingga saat ini sebanyak lebih dari 50.000 merchant yang telah bergabung dalam ekosistem aplikasi kasir dan bisnis POST. atau naik hingga lebih dari 7 kali lipat sejak bulan Maret 2020. Selain itu, kami juga telah bekerjasama dengan beberapa partner bisnis dan pemerintah daerah seperti kabupaten sleman untuk mempercepat adopsi digitalisasi di UKM Indonesia..” tambah Reza.

Melalui kampanye #UKMIndonesiaPastiBangkit, aplikasi kasir dan bisnis POST. terus berinovasi dalam memberikan solusi bagi UKM dengan terus mengembangkan fitur dan

layanan yang terlengkap, bekerja sama dengan beberapa partner bisnis dan pemerintah daerah seperti kabupaten sleman untuk mempercepat adopsi digitalisasi di UKM Indonesia. Selain itu aplikasi kasir dan bisnis POST. juga mengadakan training online bagi pelaku usaha UKM untuk meningkatkan skill antara lain dalam hal pemasaran secara digital, pembahasan aturan-aturan hukum terkini, hingga teknik penjualan online. Hal ini sejalan dengan komitmen POST. dalam membantu UKM fokus kepada bisnis dan mempercayakan sistem kasir digital melalui aplikasi kasir dan bisnis POST.