Mitsubishi Xpander AP4 Juara Umum di Meikarta Sprint Rally 2020

0
14

Mitsubishi Xpander AP4 yang dirancang untuk berlaga di ajang reli baik nasional maupun internasional menuntaskan ajang balap reli perdananya dan sukses meraih juara umum. Dalam ajang , Rifat Sungkar berhasil membuktikan jika mobil keluarga juga bisa berlaga di ajang balap reli dan meraih sukses.

Xpander AP4 yang berada dalam Xpander Rally Team (XRT) sukses meraih gelar juara umum pada ajang Meikarta Sprint Rally 2020 di Kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, 31 Oktober – 1 November 2020.

Mitsubishi Xpander AP4 yang dinahkodai oleh Rifat Sungkar bersama navigator M. Redwan ini berhasil finish di posisi tercepat dari 73 starter dengan membukukan catatan waktu total 12 menit 23,7 detik. Jarak dengan peringkat kedua mencapai hampir 7 detik. Mitsubishi Xpander AP4 yang menjadi andalan XRT benar-benar mendominasi 5 special stage (SS) yang digelar selama dua hari itu.

Sejak hari pertama, Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan memacu Xpander AP4 dengan maksimal. Mereka mampu mengatasi tantangan lintasan tanpa kendala. Hanya saja, di hari kedua, hujan lebat yang mengguyur Kawasan Meikarta Central Park membuat laju mobil mereka tertahan. Kendati demikian, secara keseluruhan catatan waktu pereli XRT yang turun di kelas M1 itu tidak dapat dikejar pereli lainnya.

“Sangat-sangat senang dengan hasil yang kami peroleh. Ini event yang kami tunggu-tunggu setelah sempat tertunda sejak awal tahun ini. Dan hasilnya sangat memuaskan. Kami sudah bekerja keras menyiapkan mobil Xpander AP4 dan semua itu terbayar lunas,” papar Rifat.

Menurut Rifat perfoma Xpander AP4 benar-benar mumpuni. Waktu tercepat selalu diraih sejak SS1. Hanya saja, hujan lebat yang mengguyur membuat laju tertahan karena lintasan tanah di Meikarta menjadi sangat licin.

“Mobil-mobil di kelas M1 atau penggerak roda empat, start setelah mobil-mobil berpenggerak roda dua. Sayangnya, di satu SS terakhir hujan lebat turun sesaat sebelum kelas M1 dilepas. Akibatnya bagian trek tanah menjadi sangat licin. Agak sulit untuk meraih waktu yang bagus seperti sebelum hujan lebat turun,” tutur Rifat.

Kehadiran Xpander AP4 di ajang balap reli ini mengikuti langkah Mitsubishi Pajero Sport, yang sempat digunakan oleh Rifat Sungkar dalam gelaran Speed Offroad di Tanah Air. Di tangan dingin seorang Rifat Sungkar, Mitsubishi Xpander AP4 ini berhasil mengikuti jejak Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Triton yang sukses menghasilkan pertarungan yang sengit dengan mobil tubular dan membawa pulang podium kemenangan.

Kegiatan di ajang motorsport ini adalah sebagai pembuktian Mitsubishi Xpander yang lebih dari sekedar mobil MPV keluarga. Dengan fokus pada kekuatan, ketahanan termasuk impresi dan kemampuan kendara yang fenomenal. Ditambah dengan pengalaman Rifat sebagai pereli kawakan di Indonesia tentunya diharapkan Xpander AP4 dapat meraih prestasi melebihi Pajero Sport dan Triton sebelumnya.

Mitsubishi Motors memang memiliki sejarah dalam mengikuti sejumlah ajang motorsport secara global yang menjadi laboratorium alam guna menguji performa kendaraan, kenikmatan berkendara, kenyamanan dan tentunya fitur keamanannya. Selain itu, pengalaman dan pengetahuan yang dikembangkan melalui partisipasi dalam motorsport, merupakan feedback yang baik untuk pengembangan model Mitsubishi Motors.