Bantu Ribuan UMKM saat PSBB, GoFood Hadirkan HARKULNAS

0
351
Pojok Bisnis

Guna meredam dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dan persiapan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), GoFood hadirkan program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) untuk membantu puluhan ribu UMKM menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Program unggulan GoFood yang telah memasuki tahun ketiga ini hadir sejak 1 April hingga 5 Mei 2020, dan diikuti lebih dari 55.000 outlet merchant. Program ini menjadi salah satu solusi GoFood dalam menghadirkan kuliner bagi masyarakat saat mereka #dirumahaja sesuai himbauan PSBB, yang telah diumumkan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam bentuk Peraturan Pemerintah minggu lalu. Program yang meningkatkan jumlah pesanan dari merchant UMKM ini juga membantu menjaga penghasilan harian mitra driver yang mengantarkan makanan selama PSBB.

Lewat program HARKULNAS, pihak GoFood melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan penjualan harian mitra merchant UMKM sekaligus mengurangi beban biaya operasional mereka.

Upaya yang dilakukan GoFood adalah (1) Mempromosikan merchant UMKM guna memperluas pasar dan menambah pelanggan mereka; (2) Meningkatkan visibilitas merchant UMKM lewat shuffle cards di dalam aplikasi; (3) Memberikan voucher promo ongkos kirim pada pembelian menggunakan GoPay; (4) Meningkatkan penghasilan UMKM bidang pangan dengan membagikan voucher diskon untuk merchant berbelanja bahan makanan di GoFresh[1] setiap minggu; (5) Membantu efisiensi bisnis merchant UMKM dengan mendorong penggunaan fitur “Recommended Campaign” pada GoBiz supaya UMKM bisa memperbarui katalog dan melakukan promosi secara mandiri dan fleksibel.

Top Mortar gak takut hujan reels

Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra Sutjahyo, mengataka di tengah pandemi COVID-19, selain semakin menempatkan prosedur keamanan dan higienitas sebagai prioritas, kami terus mencari jalan agar mitra merchant GoFood yang 96 persennya adalah UMKM bisa terus memperoleh penghasilan untuk menjalankan usahanya.

“Berbagai inovasi dan inisiatif kami lakukan untuk bisa mengurangi kecemasan para pelaku usaha UMKM terutama di masa penerapan PSBB yang rencananya akan diberlakukan di Ibukota. Kami juga berharap melalui program HARKULNAS, penjualan harian usaha kuliner UMKM dapat meningkat sehingga tetap menggerakkan roda ekonomi selama masa pandemi,” ujarnya

“Kami melihat pandemi ini menimbulkan pergeseran pola konsumsi di mana yang biasanya pemesanan dilakukan di tempat (dine-in), sekarang berpindah ke online sejalan dengan himbauan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah. Peluang ini harus dimanfaatkan supaya roda bisnis UMKM tetap bergerak sehingga memberikan ruang yang lebih luas bagi mitra dan driver Gojek terus mendapat penghasilan. Kami percaya ini bisa membantu ketahanan ekonomi Indonesia di situasi yang sulit saat ini,” kata Catherine.

Upaya Gojek dan GoFood yang secara konsisten mendukung keberlangsungan usaha mitra UMKM dan pendapatan mitra driver Gojek diapresiasi oleh Pemerintah. Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan dalam situasi seperti saat ini, kami sangat mengapresiasi langkah proaktif Gojek dengan layanannya GoFood yang mendukung puluhan ribu UMKM.

“Selain menjadi platform untuk berjualan online, Gojek dan ekosistemnya bisa saling meringankan beban satu sama lain. Melalui layanan pesan-antar makanan, GoFood dapat mendorong arus permintaan terhadap UMKM sehingga mereka dapat terus bekerja dan berpenghasilan. Semangat gotong-royong inilah yang sangat diperlukan untuk terus membantu menghidupi para UMKM dan keluarganya di masa yang sulit ini,” jelasnya.

Sebagai pelopor festival kuliner online yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, HARKULNAS GoFood tahun ini menawarkan lebih dari 183.000 menu kuliner dengan harga khusus. Tiap tahunnya, HARKULNAS GoFood terbukti meningkatkan pendapatan mitra merchant. HARKULNAS GoFood 2019 mencatat total dan pertumbuhan nilai transaksi pada outlet mitra merchant GoFood meningkat sebesar 42% serta rata-rata transaksi setiap mitra merchant GoFood meningkat sebesar 21%.

Salah satu UMKM yang berpartisipasi di HARKULNAS GoFood 2019 Khoirinna Utami, pemilik Ayam Geprek Nyonyor, Surabaya mengatakan, “Kami sangat terbantu dengan program-program seperti HARKULNAS GoFood. Selama periode HARKULNAS GoFood tahun 2019 kemarin, outlet kami mengalami kenaikan penjualan hingga 4 kali lipat dan masyarakat semakin banyak mengenal usaha kuliner kami. Oleh karena itu, tahun ini kami berpartisipasi kembali di HARKULNAS GoFood, yang kami harap juga akan dapat menambah penjualan di situasi COVID-19 ini.”

Promo HARKULNAS GoFood yang dimulai dari tanggal 1 April – 5 Mei 2020 akan menawarkan pengalaman berkuliner dengan keuntungan yang bisa diminati pengguna, diantaranya:

  • Setiap hari kulineran: diskon hingga 40% untuk menu HARKULNAS GoFood setiap hari.
  • Happy hour: diskon 70% menu HARKULNAS GoFood setiap hari Kamis & Sabtu pukul 13.00 – 16.00 WIB.
  • Puncak HARKULNAS GoFood 5 Mei: diskon 55% sepanjang hari.

Program HARKULNAS hadir untuk pelanggan di Jabodetabek dan 15 kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, Palembang, Makassar, Semarang, Medan, Bali, Yogyakarta, Manado, Malang, Padang, Lampung, Solo, Pekanbaru, dan Batam. Untuk bisa menikmati promo ini, pelanggan bisa mengunjungi layanan GoFood di aplikasi Gojek dan mengetuk banner HARKULNAS untuk menemukan merchant kuliner terdekat.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.