Menaklukkan Tantangan Berbisnis

0
81
Menaklukkan Tantangan Berwirausaha (dok jurnal.id)

 

Bukan bermaksud menakut-nakuti Anda yang baru akan memulai usaha, namun saya mengatakan ini berdasarkan fakta, dan pengalaman saya pribadi dan beberapa rekan. Fakta, bahwa 9 dari 10 usaha baru berguguran pada lima tahun pertama usaha tersebut berdiri.

Dari pengalaman pribadi,  saya sudah  tiga tahun melakukan beberapa macam bisnis, ada yang gagal ada yang berjalan lancar. Selain itu saya juga melihat beberapa orang teman yang sama-sama melakukan usaha setelah keluar dari pekerjaan mereka masing-masing, tetapi akhirnya menutup usaha mereka dan kembali ke pekerjaan masing-masing. Mari kita telaah apa saja yang terjadi pada saya dan mereka.

Pada awal-awal saya memutuskan untuk berhenti bekerja, saya butuh waktu sekitar 1,5 tahun untuk berpikir dan mencari pemahaman. Satu setengah tahun kemudian, saya memutuskan keluar dari salah satu perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia, untuk memulai usaha. Sebelum saya, ada dua orang teman dekat saya yang lebih dulu melakukan langkah yang sama dengan yang saya lakukan, namun pilihan jenis usahanya berbeda.

Bicara tentang modal, kami sama-sama berangkat dari tidak memiliki modal yang cukup. Kami semua hanya bermodalkan Knowledge, Skill dan Passion untuk membangun bisnis. Sebagian dari bisnis saya menggunakan modal orang lain.

Kami tidak berasal dari keluarga pengusaha, bahkan langkah yang kami lakukan sempat ditentang oleh keluarga. Ada yang menganggap keputusan bodoh, ada keluarga yang marah, bahkan ada juga yang mengatakan kami kurang bertanggung jawab, karena meninggalkan pekerjaan dengan penghasilan tetap yang sebelumnya mampu menghidupi keluarga, untuk membangun usaha yang belum jelas hasilnya. Semua itu adalah makanan kami sejak kami mengambil keputusan, bahkan sampai sekarang pun terkadang  masih terdengar.

Dalam perjalanan melakukan usaha, pasti kita akan mengalami kendala. Banyak tantangan yang ada di sepanjang perjalanan usaha, ini adalah kenyataan yang akan Anda hadapi. Kalau banyak yang bilang usaha itu mudah, jangan Anda pernah percaya.

Menjalankan usaha itu tidak mudah, usaha selalu memiliki tantangannya sendiri dan yang kemungkinan besar, Anda belum dapat menangani tantangan tersebut dengan mudah. Mengapa? Karena bagi orang yang belum pernah memiliki usaha sendiri sebelumnya, ini adalah hal yang baru untuk Anda.  Anda akan terkaget-kaget ketika menghadapi hal tersebut dan inilah yang terjadi pada saya dan kedua teman saya. Hal ini penyelesaiannya tidak berjalan dengan singkat dan mudah, terkadang butuh hari, minggu, bulan bahkan tahun untuk menyelesaikannya.

Hal yang saya sebutkan di atas, sering menjadi batu sandungan untuk para pelaku usaha pemula. Saat penghasilan belum terlalu terlihat sudah banyak tantangan yang terkadang membuat Anda harus berkorban tidak sedikit. Pada akhirnya modal yang sudah tipis semakin menipis, baik modal secara materi maupun moril. Alih-alih memiliki penghasilan yang lebih baik dari saat bekerja, malah Anda ‘tekor’. Saat inilah yang seringkali dianggap sebagai saatnya berbalik arah dan menutup impian lalu mengirimkan lamaran kerja. Begitulah keadaan dan kenyataannya. Lalu apa yang membuat saya dan beberapa teman saya yang lain bisa bertahan? Berikut ini resepnya:

  1. Pertahankan Impian. Satu-satunya yang saya dan Anda bisa miliki adalah impian yang besar, inilah bekal dan harta Anda yang harus Anda pertahankan.
  2. Sabar, Tekun dan Gigih. Bersabarlah dalam menjalankan usaha, bertekunlah dan fokus dalam usaha Anda serta gigih dalam menyelesaikan setiap tantangan usaha, karena sesuai dengan pengalaman saya dan teman-teman saya yang lain hal tersebut bisa diselesaikan dan pasti ada jalan keluarnya.
  3. Berpikir Positif dan Mencari Lingkungan yang Positif. Selalu mencari sudut pandang positif dari setiap hal yang terjadi dalam hidup Anda, apapun itu. Selain itu, lingkungan tempat Anda bergaul juga akan sangat mempengaruhi ketahanan Anda dalam menghadapi tantangan usaha.
  4. Berdoa dan Mengucap Syukur Senantiasa. Anda tidak akan bisa berhasil tanpa melibatkan Sang Maha Pencipta dalam kehidupan usaha Anda. Bersyukurlah atas apa pun yang terjadi dalam kehidupan Anda karena semuanya terjadi bukanlah sebuah kebetulan semata. Sang Pencipta punya maksud dan tujuan mengizinkan semuanya terjadi dalam hidup kita.

 

Oleh: Antonius Karya

Master Trainer and Lead Consultant

dari FinanSaleS MindTech TCC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.