4 Hal yang Perlu Dievaluasi Dalam Bisnis

0
221
evaluasi (dok jurnal.id)

 

Apakah Anda sedang mengalami:

Bisnis yang dijalankan tidak berkembang ?
Banyak masalah yang timbul dalam bisnis ?
Atau tidak tahu kondisi bisnis yang sedang dijalani ?

Salah satu penyebab masalah diatas adalah karena kita lupa melakukan evaluasi pada bisnis kita. Evaluasi adalah sebuah proses menilai apakah kegiatan sudah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan atau tidak. Evaluasi sering dianggap tidak terlalu penting terutama untuk pengusaha pemula, sehingga sering terlewatkan.

Pentingnya evaluasi dalam bisnis agar kita mengetahui seberapa jauh pencapaian bisnis yang sudah di lakukan, juga dapat mengetahui masalah-masalah bisnis yang kadang tidak disadari yang bisa menjadi bom wktu ketika kita tidak atasi dengan tepat. Untuk itulah entrepreneurID akan sharing yaitu 4 hal yang perlu di evaluasi pada bisnis kita.

Yang Pertama, Evaluasi Cashflow Bisnis
Yang pertama adalah melakukan evaluasi terhadap cashflow pada bisnis kita. Castflow adalah aliran uang masuk dan uang keluar dari total keseluruhan uang pada suatu bisnis. Seorang pebisnis wajib mengetahui cashflow yang ada didalam bisnisnya.

Dengan mengetahui cash flow, kita bisa menentukan apakah bisnis tersebut mengalami kemajuan atau tidak. Cashflow merupakan salah satu indikator sehat atau tidaknya suatu bisnis.

Lalu dengan mengetahui cashflow kita juga bisa tau hal penting lainnya seperti di bagian mana yang paling banyak mengeluarkan uang di bisnis kita, agar kedepannya kita bisa lebih mengontrolnya dengan baik. Dan juga dengan mengetahui cashflow maka akan memudahkan kita untuk menentukan pertimbangan yang terbaik dalam mengembangkan bisnis kedepannya.

Yang Kedua, Evaluasi Kinerja Dan Target Bisnis
Lakukan evaluasi kinerja dan target bisnis yang sudah kita capai selama ini untuk menunjukkan performa dari hasil kinerja kita dan juga untuk mengetahui apakah ada kesalahan-kesalahan yang ada dalam bisnis kita tanpa kita sadari.

Performa dalam bisnis harus selalu ditingkatkan karena pastinya untuk berkembangnya suatu bisnis otomatis memerlukan kinerja yang maksimal.

Meningkatkan performa bisa dengan meningkatkan skill maupun memaksimalkan waktu kerja kita dalam bisnis. Lalu selanjutnya adalah evaluasi target bisnis kita. Mungkin saja ada target-target bisnis yang belum tercapai atau terlewat. Karena bisa jadi bisnis kita tidak berkembang karna ada beberapa target yang terlewat atau kurang maksimal dalam menjalankannya.

Yang Ketiga, Evaluasi Pengembangan Produk
Selanjutnya adalah evaluasi kualitas produk.Seiring berjalannya waktu maka banyak orang yang akan membuat produk yng sama dengan apa yang kita buat.

Jika kita tidak melakukan pengembangan produk maka para calon pembeli akan beralih ke produk lainnya. Lakukan evaluasi produk, apakah produk fisik atau jasa yang kita tawarkan saat ini memiliki nilai jual dibanding dengan produk orang lain ?

Fokus untuk menciptakan nilai jual yang unik dan fitur yang tidak dimiliki oleh produk orang lain. Dengan menawarkan lebih banyak manfaat, para calon pembeli akan cenderung tertarik pada produk atau layanan kita.

Lalu konsumen juga manusia biasa yang juga bisa bosan, maka lakukan pengembangan produk seperti menciptakan varian lain atau jenis produk lainnya.

Yang Keempat, Evaluasi Masalah Yang Kita Tidak Sadari
Selanjutnya adalah melihat masalah-masalah yang tidak kita sadari ada di dalam bisnis kita.

Contoh hal-hal yang tidak kita sadari seperti kepuasan pelanggan terhadap produk kita sampai dengan janji yang belum kita ditepati kepada konsumen lama.

Hal itu jika tidak kita perbaiki maka ibaratkan bom waktu, maka hal-hal tersebut bisa menjadi masalah besar dikemudian hari bagi bisnis kita.

Jadi segeralah mencari dimana kira-kira letak kekurangan, sehingga kita bisa melakukan langkah-langkah efektif untuk mengatasinya agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

Itulah 4 hal yang perlu di evaluasi pada bisnis kita,
– Evaluasi Cashflow Bisnis
– Evaluasi Kinerja Dan Target Bisnis
– Evaluasi Pengembangan Produk
– Evaluasi Masalah Yang Kita Tidak Sadari

Selalu lakukan evaluasi bisnis secara rutin, karena dengan melakukan evaluasi maka secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas diri maupun bisnis kita. Terus belajar hal baru dan jangan lupa memberikan perhatian kepada orang disekitar kita.

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.