Menyiasati Harga Bahan Baku yang Terus Naik

0
275
Bahan baku naik (antijobles.com)

Kenaikan harga bahan baku memang suatu kendala yang kerap dihadapi oleh para pelaku usaha terutama usaha di bidang kuliner. Dan hal tersebut bisa membuat pelaku usaha yang tidak siap akan menutup usahanya. Untuk itu, ada beberapa cara menyiasati hal tersebut.

Cara pertama adalah tidak menaikkan harga, namun mengurangi porsi makanan. Dalam hal ini, sebaiknya porsi yang dikurangi adalah porsi sayur/lauk pauk. Dan ketika ada konsumen yang komplain ketika porsi berkurang sebaiknya Anda memberikan penjelasan kepada konsumen tentang kenaikan harga bahan baku.

Solusi kedua ialah menaikkan harga jual produk, namun dalam hal ini Anda harus memberikan  iming-iming tertentu yg menarik buat pelanggan. Misalnya kemasan lebih menarik, tampilan warung lebih bersih dan rapi, gratis minum untuk teh tawar maupun air putih sepuasnya dan bonus lainnya kepada para konsumen agar mereka tidak merasa keberatan dengan kenaikan harga produk. Atau Anda juga bisa mencoba membuat menu paketan yang bisa Anda variasikan seperti yang banyak dilakukan oleh pelaku usaha kiliner besar.

Yang terakhir dan bila kedua solusi tidak mungkin dilakukan, yaitu menaikkan harga jual produk sesuai dengan harga bahan baku. Hal ini memang sangat riskan, namun sebaiknya Anda juga memberikan keterangan yang lengkap kepada konsumen Anda.

Untuk menetapkan siasat mana yang bagus, lihat saja siapa pelanggan Anda. Jika pelanggan Anda adalah orang yang sensitif harga, maka sebaiknya harga tetap tapi porsinya sedikit dikurangi. Untuk Warteg umumnya pelanggan sensitif harga, karena mereka datang ke Warteg memang benar-benar mau makan kenyang. Lain halnya jika cafe di mana pengunjung mau bersantai manikmati suasana. Untuk cafe kita bisa pakai cara kedua: Harga dinaikkan dengan tambahan fasilitas (misalnya hot spot gratis), pengunjung malah bisa tambah ramai.

Meskipun Anda mengurangi porsi, alangkah baiknya sekali waktu Anda perlu memberi bonus buat pelanggan setia, misalnya sayur bening gratis atau yang lain yang sekiranya tidak merugikan kocek Anda tapi membuat pelanggan tetap loyal.

Demikian masukan dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk usaha Warteg Anda dan semakin sukses.

 

Oleh : Bambang Suharno

Penulis Buku Best Seller “Langkah Jitu Memulai Bisnis Dari Nol” ,

“Tujuh Cara Tidak Gila Jadi Pengusaha”, dan Puluhan Buku Lainnya.

www.komunitaswirausaha.net

[email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.