Strategi Meningkatkan Konsumen Bisnis Laundry

0
1941
laundry (dok jpninfo.com)
Pojok Bisnis

Hampir semua usaha memerlukan lokasi strategis untuk bisa memperoleh pemasukan sesuai dengan keinginan. Yang dimaksud strategis di sini adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh pasar atau pembeli. Kemudahan ini bisa menyangkut berbagai aspek, misalnya dilewati oleh kendaraan umum sehingga mudah di jangkau, tempat parkir tersedia, cocok dengan target pasar dan sebagainya.

Bila lokasi sudah ditentukan, maka jasa laundry yang ditawarkan harus menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Keinginan lingkungan ini terutama berkaitan dengan tingkat ekonomi (daya beli) dari lingkungan di mana laundry berada. Misalnya keberadaan usaha laundry di lingkungan kelas menengah ke bawah atau ke atas akan berbeda. Bila lingkungan atas, citra atau merek dan mutu layanan sangat penting.

Bila kelas menengah ke bawah, maka harga yang akan menjadi pertimbangan utama. Oleh sebab itu identifikasi lingkungan sekitar usaha laundry perlu ditentukan dahulu. Menengah ke bawah inginnya laundry dengan harga murah dan juga praktis. Dengan demikian risiko juga rendah bila terjadi masalah dengan pakaian yang dicuci. Bila pelanggan puas maka akan terjadi order mengulang atau datang lagi. Maka ketepatan waktu, tidak rusak atau hilang, harus diikuti.

Bila akan diversifikasi atau membuat jasa lain yang akan disandingkan dengan usaha laundry tentu perlu dipikirkan kembali. Karena membesarkan laundry mungkin lebih disarankan. Misalnya dengan membuka tempat nongkrong atau kongkow di lokasi yang lebih strategis dengan antar-jemput ke pengumpul.

Top Mortar gak takut hujan reels

Mencari order ke perusahaan yang ada di sekitar, misalnya rumah makan dengan mencuci taplak atau serbetnya. Penginapan untuk mencuci sprei, dan berbagai peluang lain yang bisa dikembangkan untuk kemajuan usaha laundry ke depan. Mengembangkan ke laundry secara fokus memiliki peluang yang lebih besar daripada diversifikasi. Dan usaha pemasaran ini relatif biayanya sedikit. Kuncinya adalah door to door atau menawarkan langsung ke usaha-usaha yang memang memerlukan jasa laundry untuk membersihkan pakaian mereka. Semoga bermanfaat!

 

oleh: Yanto Sidik Pratiknyo, Ir., MA

Management Consultant LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

Email   : ysp@lppm.ac.id

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.