Kiat Meningkatkan Omset Bisnis Anda

0
1433
Bisnis aksesori (dokseoblogaf.com)

Pada prinsipnya untuk menjalankan bisnis apapun, Anda harus punya strategi marketing yang tepat sesuai dengan target market yang dituju. Walaupun Anda menganggap usaha yang Anda jalani berprospek cerah dan pasarnya besar namun strategi marketing tetap penting untuk dilakukan. Produk yang akan dijual juga harus dikomunikasikan dengan gaya atau cara yang sesuai dengan pola pikir dan karakter target market.

Saat ini, di Indonesia sudah cukup banyak usaha aksesoris. Jadi boleh dikatakan bahwa kompetisi di bisnis ini cukup ketat. Untuk itu agar usaha Anda dapat tetap eksis dalam persaingan yang ada, maka Anda sebagai pemilik usaha harus kreatif dalam menyusun strategi marketing. Anda juga harus jeli dalam melihat keinginan konsumen. Jangan takut! Karena dengan strategi marketing yang tepat, usaha Anda pasti tetap dapat berjalan.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah memastikan target pasar usaha Anda Hal ini sangat penting karena dengan menentukan target market yang benar maka Anda dapat melakukan promosi dengan tepat sasaran, efektif, dan efisien.

Setelah itu Anda harus melakukan promosi yang tepat sasaran. Anda harus melakukan promosi atau mengomunikasikan produk ke target market secara terintegrasi, mulai dari below the line melalui flyer/brosur dan juga above the line dengan memasang iklan di koran, tabloid, majalah komunitas lokal di daerah Anda. Media social networking, seperti Facebook dan Twitter juga bisa Anda gunakan hingga bergabung dengan platform bisnis.

Agar usaha dan produk yang Anda tawarkan dapat dingat dalam benak konsumen/calon konsumen maka produk yang Anda miliki harus punya keunikan, baik dari sisi bentuk, warna maupun kemasan. Anda juga harus mempunyai minimal 1 (satu) produk unggulan yang dapat menarik calon konsumen. Produk unggulan tersebut bisa berupa produk baru yang belum pernah ada di pasar atau bisa juga produk ‘generic’ tetapi dibuat dengan gaya yang berbeda.

Buatlah sebuah program reward untuk konsumen yang loyal karena ini akan mendorong mereka untuk membeli lebih banyak dan merekomendasikan produk yang Anda jual ke orang lain. Anda dapat mencoba untuk menjalankan program reward sederhana, misalnya memberikan gift khusus untuk konsumen yang membeli dengan nominal tertentu atau ‘program ajak teman berbelanja’ dengan memberikan reward kepada konsumen yang mengajak temannya.

Dan yang terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membuka kerja sama dengan pihak lain. Melihat karakter produk yang Anda jual, cara  kerja sama  dengan party organizer (wedding/birthday) bisa Anda mulai lakukan. Kerja sama ini akan membuat komunikasi produk Anda ke target market akan menjadi lebih cepat. Anda cukup memberikan komisi kepada party organizer yang berhasil merekomendasikan.

Selain hal-hal di atas, Anda harus pastikan bahwa kualitas produk yang Anda jual benar-benar baik dan tidak mengecewakan konsumen.

Satu hal lagi, Anda harus memberikan pelayanan konsumen yang baik (service excellent). Pelayanan yang baik tidak cukup dengan memberikan senyum, tetapi harus didukung SOP (standard operating procedure) service yang jelas sehingga konsumen/calon konsumen benar-benar merasa puas dengan pelayanan Anda. Pelayanan yang ‘berkesan’ akan mendorong orang untuk membeli lagi dan menceritakan pengalamannya kepada orang lain. Selamat berbisnis dan semoga sukses.

 

Oleh: Djoko Kurniawan

(Konsultan Marketing  & Service Quality di Indonesia)

Email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.