Kiat Menjalankan Usaha Bagi Pemula

0
516
usaha servis hp (dok faktamarhaen.blogspot.com )

Keinginan Anda untuk fokus dalam satu usaha adalah hal yang tepat. Untuk itu saya sarankan fokus pada usaha yang paling mudah dijangkau secara fisik maupun secara finansial. Kalau Anda mengelola beberapa jenis usaha sekaligus dalam masa yang sedang “merintis” saya khawatir semua usaha yang Anda jalankan tidak bisa tertangani secara optimal dan akibatnya menjadi lambat. Dan satu hal lagi yang saya khawatirkan adalah akan terjadi “buka lubang tutup lubang” antara satu usaha dengan usaha yang lain.

Menurut Saya ini tidak efektif dan effiseien. Sebaiknya Anda fokus kelola usaha counter service handphone dulu sampai usaha tersebut eksis berjalan dan memiliki cash flow usaha yang baik. Okelah jika sekarang Anda juga punya usaha toko warung Bakpao. Itu saya sarankan untuk Anda over-kelola saja dengan saudara/keluarga Anda yang lain. Jadi Anda tidak perlu terlibat secara fisik dan pemikiran.

Nah, sekarang energi Anda difokuskan saja ke usaha yang mudah terjangkau dan sudah pasti berjalan. Menurut saya usaha service handphone juga cukup propektif, karena saat ini pengguna handphone sudah mencapai lebih dari 60 juta orang di seluruh Indonesia. Artinya hampir semua orang dewasa dan bahkan anak-anak memiliki handphone, sehingga potensi pasarnya sangat luas.

Sekarang Anda tinggal optimalkan saja untuk memperluas pasar bukan hanya sekadar orang-orang yang handphone-nya rusak saja, namun juga orang-orang yang membutuhkan handphone baru, ingin membeli handphone bekas, mencari aksesoris handphone hingga membeli pulsa handphone. Jadi buatlah usaha Anda bisa memenuhi semua kebutuhan konsumen yang berhubungan dengan handphone.

Jadi ketika ada orang yang handphone-nya rusak mereka bisa datang ke tempat Anda. Nah, ketika handphone sudah selesai Anda servis, maka ketika mereka melihat Anda juga menjual aksesoris tentu mereka juga ingin memberikan aksesoris pada handphone-nya. Selain itu tentu saja mereka juga akan membutuhkan pulsa bagi handphone-nya. Nah, itu semua adalah pasar riil yang bisa Anda raih.

Yang penting sekarang adalah Anda fokus dulu ke satu jenis usaha atau beberapa jenis usaha yang saling mendukung dan berkaitan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Nah, jika usaha tersebut sudah maju dan berkembang barulah Anda melakukan ekspansi ke bisnis yang lain yang mungkin tidak ada hubungannya dengan bisnis sebelumnya.

Jangan sampai Anda dalam waktu yang sama menjalankan beberapa bisnis yang semua dalam tahap merintis. Ini akan membuat energi Anda menjadi terkuras, bisnis akan berjalan “setengah-setengah” dan bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dalam menjalaninya. Semoga sukses.

 

Diasuh oleh: Ariyanto MB,

Direktur GSP Solution

Email: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.