Mental Seorang Pemenang (Winner Mentality)

0
4043
Be a winner (dok medium.com)
Pojok Bisnis

Sebuah keberhasilan sangat ditentukan oleh mentalitas yang kita miliki. Mentalitas kita akan menentukan apakah kita akan menang atau kalah dalam kehidupan ini. Oleh karena itu kita perlu membangun mentalitas seorang pemenang yang akan membawa dampak dalam pekerjaan kita dan juga pada proses pencapaian.

Ingatlah selalu bahwa kita telah ditentukan untuk menang bahkan lebih dari pemenang, jadi sangatlah tidak wajar kalau kita terus menerus mengalami kekalahan dalam hidup ini. Seseorang dengan sikap mental pemenang akan selalu mampu bertahan dalam situasi yang sulit bahkan terus berusaha mencapai hasil yang terbaik.

Memiliki Sasaran Jelas.

Seorang pemenang mengetahui dengan jelas akan apa yang hendak diraihnya, sehingga ini memudahkan ia untuk fokus dalam mempersiapkan diri dan mengalokasi waktu serta energi yang akan digunakan dalam mencapai suatu target atau sasaran. Sasaran yang jelas adalah seperti melihat suatu gambar puzzle yang telah jadi terlebih dahulu sebelum mulai menyusun setiap kepingan puzzzle Hal ini memudahkan untuk merangkai setiap keping menjadi sesuai dengan gambar akhir yang diinginkan. Begitu pula kalau kita ingin meraih sesuatu yang besar pastikan kita dapat melihat dengan jelas terlebih dahulu sasaran kita lalu mulai merangkai langkah-langkah yang dibutuhkan.

Top Mortar gak takut hujan reels

Penuh dengan Keyakinan.

Orang yang kalah selalu pesimis sedangkan seorang pemenang selalu bersikap optimis. Mentalitas seorang pemenang senantiasa penuh dengan keyakinan yang memiliki dasar dan menghasilkan tindakan ke arah sasaran. Keyakinan kita dapat menghasilkan berbagai strategi yang mendukung untuk meraih suatu tujuan. Mentalitas yang penuh keyakinan inilah yang perlu kita bangun dalam bekerja maupun dalam berkarier, apalagi kalau kita memiliki tanggung jawab untuk mencapai suatu target penjualan atau menyelesaikan suatu proyek.

Cara Pandang yang Berbeda.

Pemenang melihat dengan cara yang positif, orang yang kalah melihat dengan cara yang negatif. Pemenang melihat kesempatan, orang yang kalah selalu melihat kesulitan. Pemenang melihat jalan keluar, orang yang kalah melihat masalah. Seorang pemenang selalu memandang setiap hal dengan cara pandang yang berbeda, inilah yang membawa ia meraih hasil yang berbeda pula dan melampaui keterbatasan yang ada. Kalau kita ingin menjadi seorang pemenang maka mulai pandang setiap hal dalam hidup ini dengan cara pandang yang benar.

Berani Bayar Harga.

Untuk setiap keberhasilan dan pencapaian ada harga yang harus dibayar. Hal ini yang perlu kita perhitungkan dari awal. Banyak orang punya keinginan untuk meraih sesuatu yang besar dan signifikan namun cuma sedikit yang benar-benar mau bayar harganya. Kita harus siap keluar dari area kenyamanan dan bayar harga untuk apa yang ingin kita capai. Ingat bahwa harga sebuah kemenangan tetap lebih murah dibanding harga sebuah kegagalan.

Tidak Mudah Menyerah.

Alasan mengapa banyak orang mudah menyerah karena menyerah itu cara yang paling mudah saat seseorang merasa tidak mampu menghadapi berbagai kesulitan. Maka ada istilah winner never quit and quitter never win. Seorang pemenang memiliki sikap mental yang tidak mudah menyerah sekalipun keadaan dan situasi yang dihadapinya begitu sulit. Mereka menyadari sepenuhnya bahwa kemenangan bukan berarti tidak adanya kesulitan melainkan bagaimana mengalahkan kesulitan-kesulitan tersebut. Orang yang kalah sering kali sudah menyerah dulu saat menghadapi tantangan bahkan ada juga yang menyerah sebelum ia mengalami kegagalan karena ia tidak pernah berani mencobanya. Mentalitas seorang pemenang adalah mengakhiri apa yang sudah ia mulai dan pantang untuk berhenti di tengah jalan.

WINNERS don’t do different things, They DO THINGS DIFFERENTLY.

 

Oleh:

Haryanto Kandani, Achievement Motivator

www.haryantokandani.com

www.motivatorindonesia.com

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.