56% Pekerjaan Terancam Diambilalih Robot, Apa yang Bisa Dilakukan Generasi Muda?

0
856
Ilustrasi Generasi Muda. (Pexels.com/@buro-millennial)
Pojok Bisnis

Berempat.com – International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional pernah mengeluarkan data yang menyebutkan bahwa 56% pekerjaan di Indonesia terancam diambilalih oleh robot. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Maruli Hasoloan.

Kalau benar demikian, maka bisa dikatakan bahwa generasi muda Indonesia terancam banyak yang menganggur. Namun, generasi muda Indonesia tentu tak boleh kalah sebelum berperang. Karena itu, Maruli pun mengungkapkan bahwa sebetulnya ada hal yang bisa dilakukan oleh generasi muda Indonesia untuk menghadapi kondisi tersebut.

“Salah satunya adalah meningkatkan  keterampilan  yang  sesuai  untuk tenaga  kerja  agar  tidak  diganti  oleh  industri otomasi  4.0,” ujar Maruli di Jakarta pekan ini.

Selain itu, Maruli pun menyebut bahwa generasi muda harus aktif mengikuti berbagai pelatihan  kewirausahaan, serta harus aktif dalam mencari  akses  modal  untuk memulai  dan mengembangkan usaha.

Top Mortar gak takut hujan reels

Saat ini, Maruli pun mengklaim bahwa Pemerintah Indonesia turut melakukan berbagai pengembangan untuk membantu generasi muda mengasah kemampuannya.

“Salah satunya adalah program peningkatan pelatihan dengan kebijakan yang  dikenal sebagai 3R (Revitalisasi, Reorientasi, dan  Rebranding) di Balai Latihan Kerja,” terang Maruli.

Ia pun menyebut, dalam hal peningkatan kualitas pemerintah telah mengembangkannya melalui strategi Triple Skilling , yaitu skilling, upskilling, dan reskilling.

“Pekerja yang tidak dilengkapi dengan keterampilan dapat bergabung dengan program skilling, sehingga mereka akan belajar keterampilan khusus untuk sektor tertentu,” papar Maruli.

Sementara Upskilling diperuntukkan bagi pekerja yang sudah memiliki keterampilan  dan perlu peningkatan keterampilan. Dan Re-skilling berguna bagi yang ingin beralih keterampilan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.