8 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Untuk Ibu Tumah Tangga

bisnis rumahan yang menjajikan
Doc Kata Data

Siapa bilang bisnis harus kantoran dan hanya untuk pria karir saja, ternyata ada bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Bisnis ini bahkan tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk bisa berjalan, sehingga bisa dilakukan sambil melakukan aktifitas rumahan lainnya.

Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga ini sangat diperlukan sebagai bentuk menjalankan roda perekonomian kedua keluarga, setelah kepala rumah tangga bekerja. Sehingga perekonomian keluarga bisa terangkat dan bisa meningkatkan derajat keluarga tersebut.

Bahkan, terkadang jika dilakukan dengan tepat, bisnis rumahan ini bisa menghasilkan uang yang lebih besar ketimbang bekerja di kantoran. Jadi jangan pesimis dulu jika ingin menjalankan bisnis rumahan ini. Berikut bisnis rumahan yang menjanjikan yang bisa kamu coba.

1. Usaha Camilan

Usaha kuliner di Indonesia adalah usaha paling menjanjikan saat ini, apalagi jika kuliner tersebut jenisnya adalah camilan. Masyarakat Indonesia sangat senang sekali dengan berbagai macam camilan, setiap kali acara apapun, camilan seakan menjadi menu wajib untuk disajikan.

Usaha ini juga bisa dibilang memiliki pasar cukup luas karena tidak seperti makanan berat yang memiliki batas waktu untuk dikonsumsi. Camilan memiliki batas waktu konsumsi cukup panjang, sehingga bisa menjangkau konsumen yang jaraknya jauh. Tentu ini peluang yang menarik.

Untuk menjangkau pasar yang luas tersebut, kamu bisa melakukan pemasaran melalui online, seperti sosial media, marketplace ataupun di sentra UKM jika kamu tergabung dalam UMKM.

2. Toko Kelontong

Toko kelontong juga menjadi salah satu usaha yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga untuk dilakukan dari rumah. Bahkan bisnis kelontong ini tidak terlalu berat karena pembeli otomatis akan datang sendiri ke rumah.

Bisnis ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan area depan rumah dan tidak perlu memerlukan modal yang besar. Untuk memulai bisnis toko kelontong, kamu bisa memulainya dengan menjual bahan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, telur, hingga bahan pokok lainnya.

Bahan pokok selalu dicari banyak orang karena digunakan dalam kebutuhan sehari-hari, sehingga perputaran uang toko bisa cepat berputar. Dengan begitu, toko kelontong bisa berkembang dan mulai menjual berbagai macam dagangan lainnya.

3. Jualan Pulsa dan Pembayaran Lainnya

Salah satu bisnis rumahan lainnya adalah berjualan pulsa dan melayani berbagai pembayaran, seperti pembayaran PLN, PDAM, hingga top up dompet digital. Usaha ini sangat bisa berkembang jika dilakukan di perkampungan, karena sangat membantu rumah tangga lainnya.

Tentu saja, jika dilakukan di perkampungan sangat membantu mengingat tidak perlu keluar dari perkampungan untuk membeli pulsa ataupun melakukan pembayaran kebutuhan rumah lainnya.

Dengan begitu, keuntungan bisnis ini semakin besar tanpa perlu membutuhkan effort besar. Terlebih salah satu marketplace juga bisa menyediakan layanan bagi ibu rumah tangga jika ingin memulai bisnis ini.

4. Laundry

Usaha laundry bisa dianggap bisnis yang menggiurkan saat ini, mengingat banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk bekerja. Sehingga waktu untuk mencuci pakaian hampir tidak ada.

Tidak membutuhkan modal besar, usaha jasa laundry ini jelas sangat menguntungkan bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai karir bisnisnya. Kekinian, jasa laundry dengan menggunakan koin mulai ramai merambah ke beberapa kota di Indonesia.

Dengan model koin, pengguna jasa bisa mencuci dan mengeringkan pakaiannya sendiri. Kamu hanya perlu menyediakan sabun dan pengharum pakaiannya saja, selain mesin cucinya.

Bahkan, jika kamu memiliki pikiran bisnis, pelanggan yang sedang menunggu untuk mencuci pakaian merupakan peluang bisnis baru lagi. Kamu bisa menyediakan cafe kecil-kecilan agar pelanggan tersebut tidak boring menunggu mereka mencuci pakaiannya sendiri.

5. Catering

Bagi ibu rumah tangga, memasak adalah hal yang biasa untuk dilakukan apalagi ketika masakannya mengundang selera banyak orang. Tidak jarang, ibu rumah tangga yang jago masak ini selalu mendapatkan tawaran untuk jasa memasak berbagai macam menu.

Jasa catering kekinian tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Bahkan beberapa catering hanya menyediakan beberapa menu andalan saja. Gak jarang, pecinta menu makanan sehat juga membutuhkan jasa layanan catering ini.

Tentu itu adalah peluang yang perlu mendapatkan perhatian karena terlalu sayang jika disia-siakan. Beberapa jasa catering juga memiliki menu harian yang terbagi dua pilihan, sehat dan menu kekinian. Sehingga menu setiap harinya berbeda, membuat pelanggan tidak bosan untuk memesan kembali.

7. Penjahit

Usaha sebagai penjahit juga terbilang menjanjikan dengan modal yang sedikit. Hanya saja memang skill menjahit sangat diperlukan dan tidak semua orang memiliki kemampuan ini. Meski kemampuan itu bisa untuk dipelajari.

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan untuk menjahit, tentu harus dimanfaatkan untuk menggerakkan roda kedua ekonomi keluarga. Biasanya penjahit sudah memiliki pelanggan setia karena cocok dengan hasil jahitan yang dia buat.

Selain itu, sambung lidah juga sangat membantu untuk mengenalkan bisnis jasa jahit ini. Itu berpotensi untuk semakin melebarkan jangkauan dan pangsa pasar semakin luas.

8. Warung Makanan

Bisnis rumahan ini juga cukup menggiurkan karena makanan selalu dicari banyak orang, apalagi jika kamu berjualan makanan di perkampungan padat atau dekat dengan kampus ataupun kantor. Meski tidak membutuhkan modal besar, usaha warung makanan bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Jika kamu ingin memulai usaha ini, disarankan untuk memulai dengan satu atau jenis makanan tertentu yang paling diminati. Barulah ketika usaha ini sudah berkembang, keputusan untuk menambah menu atau membuat jenis varian makanan ada di kamu.

Tidak selalu menjual beragam menu makanan akan laris mendatangkan banyak pembeli. Ada banyak penjual warung makanan yang laris hanya dengan menjual satu jenis makanan atau satu dua menu saja. Skill memasak sangat berpengaruh terhadap usaha ini agar menarik banyak pelanggan.

============

Kunjungi laman berempat.com untuk informasi menarik dan seputar bisnis lainnya