Lokasi yang Tepat Penentu Kesuksesan Usaha

0
9
Bisnis umkm (dok infobintaro.com)

Bagi Anda yang ingin merintis usaha hal yang haru diperhatikan adalah lokasi. Pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Bila tidak hati-hati, lokasi usaha yang tidak tepat justru akan membuat bisnis Anda sulit berkembang, merugi, bahkan bangkrut. Jika sudah begitu produk sebagus apapun, harga jual yang terjangkau, bahkan promo-promo bisa dikatakan tak akan berguna jika lokasi usaha sulit dijangkau oleh target market yang hendak dituju.

Maka ada baiknya sebelum memilih lokasi usaha tentukan target market yang hendak dituju, lalu lakukan riset dan membandingkan beberapa pilihan tempat sebelum akhirnya kita menentukan lokasi yang paling strategis dan sesuai dengan usaha kita. Berikut beberapa faktor yang sebaiknya kita perhatikan dalam memilih tempat usaha.

  1. Mudah Terlihat

Tips yang pertama dalam memilih lokasi adalah mencari tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang. Jika Anda akan merintis usaha baik kuliner, fesyen, maupun ritel pastinya membutuhkan lokasi usaha yang mudah dilihat banyak orang agar lebih mudah menarik perhatian pelanggan sehingga dapat meminimalisir biaya promosi.

  1. Dekat dengan Target Pasar

Memiliki lokasi yang dekat dengan target pasar merupakan salah satu nilai plus dalam memenangkan persaingan. Pelanggan tentu akan lebih memilih toko yang dekat dengan lokasinya sehingga dapat menghemat waktu dan biaya bagi pelanggan. Karena itu mendekatlah dengan target pasar yang Anda tuju.

  1. Tingkat Kepadatan Penduduk Sekitar Lokasi

Usahakan memilih lokasi usaha yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula potensi pasar sebuah usaha untuk berkembang. Semakin padat penduduk, omset yang diperoleh akan sangat semakin besar

  1. Besar Pendapatan Masyarakat Disekitar Lokasi

Besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi uasha juga mampu mempengaruhi perkembangan usaha yang akan kita bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Jika kita ingin menjalankan usaha dengan produk yang harganya sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya beli masyarakatnya juga cukup tinggi, misalnya di kota-kota besar atau lokasi premium. Sedangkan bila ingin menawarkan produk dengan harga yang relatif murah, tidak akan jadi masalah jika kita memilih lokasi usaha yang daya beli masyaratnya kurang, karena konsumen di daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan memperhatikan kualitas produk yang dijual

  1. Tingat Keramaian Kendaran yang Lalu-Lalang

Perhatikan arus lalu lalang kendaraan atau pejalan kaki yang lewat, karena hal ini juga mempengaruhi jenis usaha yang cocok di daeah tersebut. Untuk daerah yang dilalui pejalan kaki, usaha toko kelontong atau usaha minuman dingin cocok untuk dijalankan di daerah tersebut. Sedangkan untuk lokasi yang banyak dilalui kendaraan bermotor, usaha bengkel atau cuci kendaraan bisa dijadikan pilihan karena banyak dibutuhkan oleh kendaraan bermotor. Sesuaikan jenis usaha kita dengan para konsumen yang lalu lalang di lokasi tersebut. Selain itu perhatikan arus balik (arah pulang kantor), sehingga mempermudah pelanggan jika ingin mampir. Mereka tidak perlu dipusingkan dengan memutar balik kendaraan atau menyebrang

  1. Banyaknya Usaha di Sekitar Lokasi

Semakin banyak usaha yang ada di sekitar lokasi, maka pelanggan yang datang ke lokasi tersebut juga semakin ramai dan bervariasi kebutuhannya. Karena di lokasi tersebut terdapat berbagai macam usaha yang menyediakan produk yang berbeda pula, sehingga para pelanggan lebih tertarik datang ke lokasi yang terdapat berbagai macam usaha. Misalnya saja lokasi pasar, atau mall pasti selalu ramai didatangi pengunjung.

  1. Biaya Sewa

Biasanya lokasi usaha yang ada di keramaian seperti mal, atau di pinggir jalan yang strategis harga sewanya lebih mahal dibandingkan lokasi usaha yang kurang strategis. Lebih baik memilih lokasi dengan biaya sewa yang mahal namun membuat usaha Anda maju, daripada memilih lokasi yang biaya sewanya murah tapi usaha Anda tidak berkembang atau bahkan gagal. Namun akan lebih bijak jika semuanya sesuaikan dengan dana yang kita miliki, dengan lokasi usaha yang dipilih. Jangan memilih lokasi yang harga sewanya mahal, kalau memang tidak ada dana untuk membayar biaya sewa. Solusinya adalah mencari lokasi terdekat dengan biaya sewa yang lebih terjangkau.

  1. Pilih Lokasi Usaha yang Minim Kompetitor

Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha kita, sebaiknya lokasi ini dihindari. Namun sebenarnya tidak ada salahnya juga memilih lokasi tersebut jika kita yakin karena posisinya yang sangat strategis, hanya saja kita harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan usaha kita dengan usaha lain yang sejenis.

  1. Perhatikan Akses Menuju Lokasi usaha

Lokasi yang mudah diakses tentu akan memudahkan bagi pelanggan, maka usahakan pilih lokasi yang mudah di akses oleh para konsumen. Jika memungkinkan, pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum. Agar pelanggan yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga bisa menjangkau lokasi usaha kita dengan menggunakan moda transportasi umum.

  1. Tingkat Keamanan Lokasi

Faktor keamanan lokasi mutlak dimiliki bagi semua jenis usaha. Lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Mereka tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan bisa menikmati pelayanan usaha kita tanpa rasa taku kendaraannya dicuri. Dengan lingkungan yang aman, kita bisa mengurangi resiko pencurian maupun perusakan yang tengah marak akhir-akhir ini seperti yang bisa terjadi pada usaha yang ada di lokasi kurang aman.

  1. Perhatikan Kebersihan Lokasi Usaha

Apakah Anda mau datang ke gerai atau toko yang kotor dan bau?. Begitu juga dengan pelanggan tidak akan mengunjungi sebuah toko, warung, ataupun sebuah outlet yang berada di lingkungan kotor atau kumuh. Mereka akan merasa ragu untuk membeli produk kita apakah produk yang kita tawarkan bersih atau tidak. Untuk itu jaga kebersihan lingkungan sekitar kita, agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi usaha kita.

Demikian 11 tips dalam memilih lokasi usaha. Semoga bermnafaat.

 

Oleh: Levita Supit

Pelaku Usaha Binsis Salon