Pastikan Listrik Rumah Aman Sebelum Ditinggal Mudik

0
172
Ilustrasi. (Dok. Elshinta.com)

Berempat.com – Mudik di kala menyambut Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi budaya bagi masyarakat urban di Indonesia. Jutaan manusia berbondong-bondong meninggalkan kota perantauan untuk kembali ke kampung halaman demi bersua bersama keluarga. Namun, sebelum kembali ke kampung halaman, Anda perlu memastikan bahwa kondisi rumah sudah aman untuk ditinggalkan. Terutama untuk listrik.

Jangan sampai terjadi korsleting pada listrik rumah Anda ketika ditinggal mudik. Karena sudah pasti bisa berakibat fatal. Setidaknya, bila Anda ingin meninggalkan rumah untuk mudik maka lakukanlah beberapa hal ini.

  1. Isi saldo listrik prabayar terlebih dahulu

Bila rumah Anda menggunakan listrik prabayar, Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali menganjurkan untuk mengisi saldo lebih dulu sebelum meninggalkan rumah. Sehingga, listrik di rumah tidak padam saat ditinggalkan.

“Ketika mereka meninggalkan rumah, cek dulu listriknya, kalau dia prabayar tambahin dulu dayanya, pulsanya, sehingga ketika pulang pulsanya tidak habis,” ujar Ali.

  1. Cabut seluruh peralatan elektronik dari kontak

Untuk menghindari terjadi korsleting, ada baiknya mencabut peralatan elektronik dari kontak. Mulai dari kipas angin, pendingin ruangan, televisi, kulkas, mesin cuci, kompor listrik, dan barang elektronik lainnya yang biasa tersambung ke kontak setiap hari.

  1. Titipkan rumah pada tetangga atau RT

Apabila sudah melakukan pencegahan tersebut dari dalam rumah, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menitipkan rumah pada tetangga terdekat atau RT setempat. Atau bisa juga pada pihak keamanan yang sudah ditugaskan. Sehingga, rumah yang ditinggalkan bisa dalam pengawasan.

Inilah hal sederhana yang perlu Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik. Dengan meninggalkan rumah dalam keadaan baik, maka mudik Anda pun akan lebih tenang. Selamat mudik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here