Lima Solusi Atasi Masalah Keuangan

0
237
Bisnis baju anak (dok amparampar112.wixsite.com)

Kalau merasa uang pas-pasan, sering kurang, banyak kebutuhan tidak terbeli, ingin rekening lapang, dan ingin kondisi keuangannya semakin baik, saran Kami coba rutinkan kebiasaan ini.

Berbisnis

Yang ini gak perlu diragukan, karena sudah dibuktikan banyak orang.  Survey membuktikan,10 orang terkaya di dunia adalah entrepreneur alias Pengusaha.  10 Orang terkaya di Indonesia juga Entrepreneur. Bahkan Kami juga yakin, 10 orang terkaya di kota Anda juga entrepreneur. Jadi berbisnislah. Dengan begitu uang bisa datang kapan saja ke rekening kita, gak perlu nunggu awal bulan, hehe.

Berinvestasi

Saran Kami, jangan hanya jago cari uang.  Tapi berfikirlah cara agar uang jadi uang lagi. Ya dengan investasi. Banyak investasi ringan yang bisa dilakukan.  Contohnya invest di saham, dimana dengan uang dibawah 500ribu/bulan sudah bisa mulai investasi saham. Baru nanti masuk ke instrument investasi lainnya.  Salah satu yang paling ideal, adalah investasi dibisnis orang lain.  Kalau hanya kita yang kerja, capek. Jadi biarkan uang kita juga ikut bekerja.

Belajar

Berbisnis dan Berinvestasi hendaknya jangan asal.  Kalau asal-asalan, hasilnya juga ngasal.  Baiknya jalankan keduanya dengan ilmu. Kejar ilmunya. Baca bukunya. Ikuti pelatihannya.  Cari gurunya. Berbisnis dan berinvestasi tanpa dibarengi ilmu, itu cuma akan rugi waktu, rugi uang, rugi tenaga, dan juga rugi pikiran.

Berhemat

Ini yang cocok. Paham cara dapat uang, harusnya juga paham cara membelanjakannya.  Omzet bisnis boleh naik turun, tapi gaya hidup jangan ikutan naik turun. Karena jika gaya hidup naik, susah turunnya. Tekan sebisa mungkin, jangan sampai naik.  Hiduplah sesederhana mungkin.  Sederhana itu artinya bukan gak punya uang. Tapi sederhana itu sikap. Tips hidup hemat dari Kami adalah HINDARI sifat satu ini .  “Begitu dapat duit, langsung kepikiran di belikan sesuatu” Jika ada yang cara pikirnya gitu, maka selamanya akan susah berhemat.

Berbakti

Untuk yang masih punya orang tua, berusaha keraslah muliakan mereka.  Bahagiakan mereka, patuhi mereka, minimal tidak membuat mereka marah.  Buat apa. Pertama karena itu perintah Allah Ta’ala. Kedua karena dicontohkan Rasulullah. Ketiga yang banyak orang gak paham. Doa orang tua ke anaknya adalah salah satu doa yang mustajab. Tau artinya mustajab kan?. Doa Mustajab itu artinya Allah perkenankan doanya “persis” seperti yang didoakan.  Jadi Kalau orang tua Anda mendoakan Anda sukses dan Anda juga berdoa agar sukses, lalu kemudian Anda beneran sukses, bisa jadi itu sebagian besar karena doa orang tua.  Ya doa Anda pribadi hanya menyumbang saham sedikit saja. Saran Kami, sering-sering buat mereka tersenyum, lalu minta mereka doakan kebaikan untuk Anda

 

Oleh:

Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.