Memperingati World Backup Day, Begini Hal yang Perlu Anda Lakukan

0
251
World Backdaup Day. (Western Digital)

Berempat.com – Barangkali banyak yang belum mengetahui bila pada tanggal 31 Maret diperingati sebagai World Backup Day. Apa itu World Backup Day? Mengutip dari situs resminya, World Backup Day merupakan sebuah gerakan independen untuk memberikan kesadaran kepada banyak orang tentang pentingnya mencadangkan data yang dimiliki.

Bagi gerakan ini, kehilangan data sudah menjadi hal umum yang terjadi di masyarakat. Kehilangan data disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kehilangan ponsel, kamera, memori yang korup, hingga laptop atau komputer yang terserang virus.

“Satu kecelakaan kecil dapat menghancurkan semua hal penting yang Anda pedulikan,” tulis World Backup Day di situsnya.

Gerakan ini sendiri diperkirakan muncul karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencadangkan data mereka. Padahal, risiko kehilangan data selalu mengintai di setiap waktu. World Backup Day mengklaim sebanyak 30% orang di dunia tidak pernah mencadangkan (backup) dokumen mereka. Sementara itu ada tiga hal yang menyebabkan data hilang, yakni hilang perangkat seperti ponsel—World Backup Day menyatakan setiap menit terdapat 113 ponsel yang hilang; kesalahan dalam tindakan—World Backup Day menyatakan 29% kehilangan data karena ini; dan karena virus—World Backup Day menyatakan 1 dari 10 komputer rentan terserang virus.

Karena itu gerakan World Backup Day pun mulai dilakukan sejak 2011 lalu. Pengaggasnya adalah Ismail Jadun, seorang konsultan dan digital strategi.

“Kami juga ingin mengatakan bahwa World Backup Day adalah setiap hari!” tulis keterangan di situsnya.

Uniknya, alasan di balik hari peringatan yang dipilih tanggal 31 Maret ini karena World Backup Day ingin agar orang-orang tidak merasakan April Mop yang jatuh pada 1 April akibat kehilangan datanya. Karena bagi gerakan ini, World Backup Day bukan hanya sekedar bicara mencadangkan data pribadi, tetapi juga soal menjaga warisan dan karya budaya digital yang telah banyak dibuat.

“Bukan hanya satu hari untuk mencadangkan data pribadi Anda, tetapi ini juga merupakan hari untuk berbicara tentang tugas besar melestarikan warisan dan karya budaya digital kita yang semakin meningkat untuk generasi mendatang,” terang mereka.

Tips dan Trik Mencadangkan Data

Sejalan dengan gerakan World Backup Day, Western Digital yang bergerak di bidang perangkat keras teknologi ini pun menyatakan pentingnya mencadangkan data. Western Digital pun mengklaim sudah melakukan survei yang hasilnya tak menggembirakan. Wester Digital menyatakan bila 45% orang mengaku tak memiliki rencana mencadangkan data mereka. Bahkan, sebanyak 31% responden mengaku tak pernah mencadangkan data mereka.

Artinya, ketika gawai mereka rusak, hilang, atau terkena virus maka semua data berharga akan lenyap dalam sekejap. Tentu Anda tak ingin hal itu menimpa Anda. Karena itu, mulailah mencadangkan data Anda sekarang.

Western Digital sendiri memberikan tips dan trik untuk membantu Anda lebih mudah mencadangkan data di tengah kesibukan.

  1. Pilih Kapasitas Penyimpanan yang Cocok
Ilustrasi. (Western Digital)

Bila Anda seorang desain grafis, pastinya kapasitas perangkat penyimpanan cadangan yang Anda butuhkan sangat besar. Lebih besar dibanding yang berprofesi sebagai penulis. Western Digital memiliki perangkat yang cocok bagi Anda, seperti WD My Passport atau WD My Passport Ultra yang memiliki kapasitas hingga 4TB.

Sementara bila Anda seorang fotografer, videografer, atau seorang vlogger, yang memproduksi foto dan video beresolusi tinggi, maka Western Digital menyediakan WD My Book yang berkapasitas hingga 8TB. Berbagai perangkat yang ditawarkan Wester Digital ini dilengkapi dengan perangkat lunak (software) WD Backup agar proses mencadangkan data lebih mudah.

  1. Gunakan Perangkat Khusus untuk Smartphone
Ilustrasi. (Western Digital)

Ponsel pintar (Smartphone) sekarang ini tak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai tempat menyimpan berbagai data-data penting, mulai dari data pribadi seperti foto dan video, hingga data penting seperti data presentasi atau pekerjaan lainnya. Tapi, sayangnya, menyimpan data terlalu banyak di ponsel dapat berisiko menurunkan performa ponsel hingga akhirnya menjadi lemot.

Tapi, kini Western Digital telah menyediakan perangkat penyimpan data cadangan yang mudah digunakan. Pengguna hanya perlu mencolokkan perangkat tersebut dengan kabel USB pada ponselnya, maka segala data yang ada di dalam ponsel dapat segera dipindahkan.

Perangkat ini terbagi menjadi dua versi, yakni untuk Android dan iPhone. Untuk Android, Wester Digital menyediakan SanDisk Ultra Dual Drive m3.0, sedangkan untuk iPhone ada iXpand Base yang juga dapat berfungsi sebagai pengisi daya baterai.

Sekarang, sudah tak ada lagi kata ‘ribet’ atau ‘tak ada waktu’ untuk mencadangkan berbagai data penting yang Anda miliki. Segeralah cadangkan sebelum data itu hilang dan Anda menyesal. Selamat merayakan World Bakup Day!

#Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.