Berikan Promo untuk Gaet Konsumen Baru

0
8
Bisnis langgeng (dok rintisanstartup.com)

Memang bukan rahasia lagi, musim hujan memberikan keuntungan tersendiri bagi beberapa usaha, salah satunya adalah usaha bengkel motor dan mobil serta usaha jasa laundry.

Hal ini dikarenakan kondisi hujan yang hampir setiap hari membuat banyak kawasan di berbagai daerah tergenang banjir, sehingga membuat banyak kendaraan yang mati karena nekat menerobos air banjir tersebut. Selain itu, dengan hujan yang seperti tidak ada jeda di setiap harinya, membuat masyarakat tidak bisa menjemur pakaian, sehingga pakaian kotor menumpuk.

Kalaupun nekat untuk mencucinya, pasti tidak akan kering dengan cepat, dan membuat pakaian tersebut akan bau apek. Untuk itu, usaha-usaha seperti bengkel dan jasa laundry banyak dicari masyarakat. Dan pastinya hal itu menguntungkan bagi pemilik usaha karena mendapatkan kenaikan omset yang cukup baik.

Namun musim hujan yang ekstrim biasanya berlangsung hanya 3-4 bulan dalam setahun, makanya di saat-saat itulah pelaku usaha sebaiknya melakukan tindakan yang mampu menggaet konsumen loyal lebih banyak, yang bisa bertahan meskipun musim hujan sudah berhenti.

Strategi tersebut bisa dilakukan dengan cara memberikan promo seperti bonus atau potongan harga bagi konsumen yang benar-benar loyal. Tidak hanya itu, pelayanannya harus dilakukan dengan lebih ramah, sehingga membuat pelanggan merasa nyaman dan puas.

Usaha-usaha terseut memang bukan usaha baru, bahkan terbilang sangat banyak pelakunya. Namun bagi yang tertarik menggeluti usaha ini, sebaiknya melakukan inovasi berbeda yang mampu menarik perhatian konsumen.

Selain itu juga bisa dilakukan survei kecil-kecilan terhadap kemungkinan adanya pesaing atau kompetitor yang ada di sekitar tempat usahanya. Apakah mereka merupakan usaha kecil atau besar? Berapa harga yang mereka tawarkan? Apakah orang-orang di lokasi usaha senang dengan keberadaan bisnis tersebut atau ada hal yang mereka tidak sukai?.

Yang penting, jangan tergoda mematok harga terlalu rendah demi persaingan karena hanya akan merusak pasar dan merugikan usaha sendiri. Lebih baik berkomitmen untuk memberi layanan yang baik bagi para pelanggan pertama anda agar kabar baiknya segera tersebar.

 

Oleh: Godho Tjahyono

Pengamat Marketing dari Decision Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.