Strategi Menjalankan Usaha Musiman

0
190

 

Usaha suvenir haji merupakan usaha yang bisa dibilang usaha musiman, karena tidak setiap saat usaha tersebut diminati konsumen. Dan kendala yang Anda hadapi hampir sama dengan usaha musiman lainnya seperti usaha penjualan mantel di musim hujan, usaha buah musiman dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan yang timbul pada usaha musiman, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yang pertama adalah melakukan pengembangan produk yaitu target pembeli sama namun jenis produknya ditambah. Dengan cara ini Anda bisa menarik konsumen yang lain dari produk baru yang Anda jual.

pengembangan pasar. Yaitu walaupun produk yang dijual sama namun Anda harus memperluas target pembelian. Anda bisa membuka cabang di lokasi lain yang bisa menambah pendapatan dari usaha yang Anda jalankan.

Dan solusi yang terakhir adalah diversifikasi produk, yaitu membuat produk yang berbeda dan pasar yang berbeda pula. Sehingga Anda bisa menjembatani keinginan konsumen yang ada.

Untuk kasus Anda, tahap awal saya sarankan untuk melakukan pengembangan produk. Jadi Anda perlu mempelajari pelanggan Anda. Selain membutuhkan souvenir haji,  pelanggan Anda kira-kira membutuhkan produk apa lagi? Apakah itu buku-buku agama, motivasi, sarana ibadah, produk kesehatan? Produk yang akan Anda tawarkan tersebut harus dibutuhkan oleh orang yang sudah naik haji.

Cara ini juga akan membuat ada repeat order dari setiap pembeli souvenir haji. Jadi mereka yang membeli souvenir haji tiap tahun bisa ganti orang, tapi mereka yang sudah naik haji masih membeli produk lainnya yang mendukung ibadah pasca-haji. Dan yang terpenting, mereka membeli produk pada saat hari-hari biasa (bukan musim haji).

Jika langkah pengembangan produk sudah optimal, Anda bisa melakukan pengembangan pasar. Caranya dengan membuka kantor cabang di tempat lain atau membuka semacam keagenan. Langkah ini membutuhkan manajemen yang lebih modern serta memerlukan kepemimpinan dan baik.

Kemudian apabila pengembangan pasar sudah berhasil di beberapa tempat, Anda bisa melakukan diversifikasi usaha. Langkah ini dapat dilakukan jika Anda sudah mampu mendelegasikan penanganan bisnis Anda ke orang lain. Selamat mencoba.

 

oleh : Bambang Suharno

Penulis Buku Best Seller “Langkah Jitu Memulai Bisnis Dari Nol” ,

“Tujuh Cara Tidak Gila Jadi Pengusaha”, dan Puluhan Buku Lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.