Riset Berkelanjutan Sebagai Petunjuk Arah Pengembangan Usaha

0
566
strategi bisnis (dok 8thinktank.co.id)
Pojok Bisnis

 

Dari hasil dialog interaktif yang saya lakukan lewat radio, dan hasil pengamatan di lapangan, banyak sekali wirausahawan dan calon wiarausahawan yang seakan terjebak, terasa kehilangan arah saat berproses membangun usaha. Tidak ada kompas atau acuan yang bisa jadi penunjuk jalan bagaimana proses usaha harus dijalankan selanjutnya, untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam melakukan kegiatan usaha, sebaiknya lakukan sebuah riset kecil berkelanjutan sebagai acuan penentu arah usaha Anda.

Banyak sekali pelaku usaha yang memiliki modal kerja berkelimpahan sering mengambil sikap dengan membeli informasi produk, pasar, pelanggan dan kompetitor, hanya dari perusahaan riset. Tentunya untuk pengusaha yang belum mampu tidak bisa membeli informasi tersebut karena keterbatasan modal.

Ketidaksabaran memulai membangun usaha seringkali tidak terbendung di awal, namun  di tengah jalan kerap dihadapkan pada berbagai masalah seperti penambahan modal, terjadi kemacetan di piutang dagang, penumpukan persediaan, atau berbagai masalah lain tergantung jenis usahanya. Masalah tersebut sering membingungkan karena harus cepat dicari solusinya.

Top Mortar gak takut hujan reels

Hal tersebut bisa diminimalisir jika Anda mampu merangkum informasi tentang produk yang ditawarkan, pelanggan yang dituju, dan kompetitor yang bersinggungan langsung dengan produk Anda.

Kegiatan riset bisa kita mulai saat kita akan melakukan usaha, misalnya melakukan riset untuk memilih tempat usaha, menentukan target  pasar yang dituju (jenis dan kelas pelanggan), dan riset untuk mengetahui siapa pesaing kita.

Riset Tempat Usaha dan Potensinya. Bagaimana kita melakukan riset  untuk memilih tempat usaha, bisa dilakukan dengan mencari tempat sesuai kebutuhan usaha, dari segi tipe, luas, dimensi bangunan, dan perlu juga membuat sketsa secara sederhana. Selanjutnya lihat bagaimana segmen pasar di sekitar lokasi tersebut, hal itu bisa dilakukan dengan cara melihat data kependudukan. Meliputi, jumlah penduduk, jumlah kepala keluarga aktif dan jenis mata pencahariannya, jumlah penduduk berdasar umur dan jenis kelamin, pola belanja penduduk ke pasar tradisional, minimarket atau ke pasar modern.

Kemudian coba lihat potensi tempat usaha, dengan menggali informasi yang merujuk dari tempat usaha yang akan ditentukan; posisinya (tengah kota/pinggir kota), karakter lingkungan (tempat tinggal, lingkungan usaha, tempat wisata, tempat pedesaan atau hanya tempat persingahan saja).

Tipe perumahan dikategorikan, meliputi real estate, perumnas, rusun, apartemen, rumah dinas, dan lain-lain. Tipe lingkungan tempat usaha tersebut elit, sedang atau kumuh. Perhatikan juga jalan di calon tempat usaha, lihat dari fungsinya, jalan dalam kota, antar kota atau jalan perkampungan, lihat juga satu arah atau dua arah, apakah jalan tersebut dilewati kendaraan umum atau tidak, jika ya berapa jumlah, kendaraan, roda empat, roda dua & sepeda.

Ketersediaan area parkir juga harus diperhatikan, sudah tersedia atau belum, berapa kapasitasnya untuk kendaraan roda empat, berepa untuk roda dua.

Survey Berkaitan dengan Kegiatan Kompetitor. Kita harus mampu melihat dan mengidentifikasi siapa saja kompetitor dari usaha yang akan dijalankan baru kita menjalankan kegiatan riset. Bebera parameter berikut yang harus kita jadikan bahan untuk menggali informasi berkaitan dengan competitor:

  • Informasi mengenai produk/jasa yang di jual
  • Informasi mengenai harga produk/jasa pesaing kita.
  • Informasi tentang sumber bahan baku diperoleh dari mana
  • Informasi bagaimana cara membuatnya
  • Informasi bagaimana cara mendistribusikannya
  • Memahami kegiatan kegiatan penjualan dan pemasaran atas produk atau jasa yang dijualnya

Hasil riset ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk menentukan tindakan tindakan strategis yang bertujuan untuk meningkatkan performance kegiatan usaha. Karena itu, riset-riset tersebut harus dilakukan berkelanjutan, karena ada beberapa kondisi yang bisa jadi berubah.

 

Oleh:  Yoyok Indrayatno

Pelatih Kewirausahaan dari ACC Indonesia

( Amanah Coaching Clinik Indonesia)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.