Pemasaran Jitu Laundry Kiloan

0
181
Laundry kiloan (dok bisnisfun.com)

 

Hampir semua usaha memerlukan lokasi yang strategis. Yang dimaksud strategis adalah mudah dijangkau oleh pasar atau pembeli. Kemudahan ini bisa menyangkut berbagai aspek, misalnya kendaraan umum mudah, tempat parkir tersedia, cocok dengan target pasar dan sebagainya.

Bila lokasi sudah ditentukan, maka jasa laundry harus menyesuaikan lingkungan. Keinginan lingkungan ini terutama berkaitan dengan tingkat ekonomi dari lingkungan di mana laundry berada.

Misalnya lingkungan menengah ke bawah atau ke atas akan berbeda. Bila lingkungan atas, citra merek dan mutu layanan sangat penting. Bila kelas menengah ke bawah, maka harga menjadi pertimbangan utama. Oleh sebab itu identifikasi lingkungan laundry perlu ditentukan dahulu.

Menengah ke bawah inginnya yang murah. Dengan demikian risiko juga rendah bila terjadi masalah dengan pakaian yang dicuci. Bila pelanggan puas maka akan terjadi order mengulang atau datang lagi. Maka ketepatan waktu, tidak rusak atau hilang, harus diikuti.

Bila akan diversifikasi atau membuat jasa lain tentu perlu dipikirkan kembali. Karena membesarkan laundry mungkin lebih disarankan. Misalnya dengan membuka tempat pengumpul di lokasi yang lebih strategis dengan antar-jemput ke pengumpul.

Mencari order ke perusahaan yang ada di sekitar, misalnya rumah makan dengan mencuci taplak atau serbetnya. Penginapan untuk mencuci sprei, dan berbagai peluang lain yang bisa dikmbangkan.

Mengembangkan ke laundry secara fokus memiliki peluang yang lebih besar daripada diversifikasi. Dan usaha pemasaran ini relatif biayanya sedikit. Kuncinya adalah door to door ke usaha-usaha yang memerlukan banyak laundry. Semoga bermanfaat!

 

oleh: Yanto Sidik Pratiknyo, Ir., MA

Management Consultant LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

Menara Eksekutif Lt. 8

Jl. MH. Thamrin Lav. 9, Jakarta Pusat 10350

Email   : [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.