Tips Sukses Kembangkan Usaha Sabun Curah Skala Rumahan

0
343
Sabun curah (dok http://sabuncurahmottopalembang.blogspot.com)

 

Mengambangkan usaha pembuatan sabun  pembersih curah skala rumahan. Bisa dibilang, selain diproduksi oleh para produsen besar, saat ini produsen skala rumahan pun sudah banyak yang membuat pembersih curah seperti yang Anda buat. Untuk itu, Anda harus memiliki strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan kompetitor Anda sehingga usaha yang Anda jalankan dapat terus berkembang. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar usaha Anda dapat sukses.

Pertama-tama Anda harus fokus dengan satu produk unggulan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu produk unggulan dari usaha Anda apakah produk pembersih curah untuk rumah atau pembersih untuk kendaraan bermotor. Tujuannya adalah agar Anda lebih fokus dengan target market yang menjadi sasaran Anda. Ini disebabkan karakter pembeli shampo mobil/motor berbeda dengan pembeli sabun cuci piring.

Anda tetap boleh menjual semua produk tersebut asalkan Anda memiliki tim penjualan yang berbeda. Dalam arti Anda harus membentuk tim penjualan untuk sabun pembersih untuk keperluan rumah tangga maupun pembersih untuk kendaraan bermotor. Atau Anda dapat juga menjalankan usaha sabun cuci piring setelah usaha shampo mobil/motor berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Selanjutnya, Anda juga harus memutuskan tipe usaha yang akan dijalankan, apakah B to B (Business to Business) atau B to C (Business to Customer). Ini sangat penting karena B to B dan B to C punya cara penanganan yang berbeda.  B to B artinya menjual produk ke pemilik bisnis lain misalnya menjual produk ke pemilik bisnis cuci mobil/motor untuk produk sabun cuci motor, dan Anda bisa menawarkan kepada pengusaha laundry untuk sabun cuci pakaian. Sedangkan B to C artinya Anda menjual produk langsung ke market/pembeli langsung (B to C lebih luas target market-nya).

Lalu, tentukan harga jual yang tepat. Harga merupakan salah satu faktor kunci kesuksesan. Harga yang Anda tawarkan tidak boleh lebih mahal dari kompetitor. Lakukan survei harga kompetitor agar Anda benar-benar tahu harga jual mereka. Untuk B to B, Anda dapat memberikan kelonggaran cara pembayaran kepada pembeli.

Makin banyak orang tahu usaha yang Anda jalankan, makin cepat juga usaha berkembang. Untuk itu strategi marketing dan promosi yang terintegrasi menjadi penting. Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan beriklan secara offline (majalah, koran, dll) maupun online (website, Facebook, Twitter, dll). Cara lainnya adalah dengan membuat brosur/flyer untuk dibagikan kepada target market.

Anda juga dapat menjadi sponsor sebuah acara tertentu. Dalam acara tersebut Anda bisa memasang spanduk/banner sekaligus membagi brosur agar orang tahu/mengenal produk shampo mobil/motor yang Anda jual.

Pelayanan yang baik tidak hanya sebatas memberikan senyum yang ramah dan tulus kepada pembeli, tetapi lebih dari itu. Pelayanan yang baik dapat juga dilakukan dengan cara memberikan edukasi yang benar kepada pembeli, misalnya tentang cara/teknik mencuci mobil/motor agar cat tetap berkilau. Pelayanan lainnya yang dapat diberikan adalah dengan memberikan kemudahan akses pembeli untuk menghubungi Anda.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

Oleh: Bambang Wahyu Purnomo

Konsulatan Wirausaha

Email: [email protected]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.