Cara Memulai Bisnis dari Nol

0
1954
Penringnya training bagi pebisnis pemula (dok mycourselink.com)

Memulai bisnis dari nol, siapa takut!. Bisnis yang dibangun dari nol hendaknya tidak hanya mengandalkan prinsip mencari keuntungan semata tetapi harus dijalankan dengan itikad baik, tidak merugikan orang lain, dan mau instropeksi kesalahan-kesalahan berbisnis.

Setiap pebisnis pasti pernah melakukan kesalahan, berat atau ringan, semua tergantung cara menyikapinya. Tapi, jika setelah melakukan kesalahan mereka berhenti untuk berjuang, maka mereka tidak akan pernah tahu pelajaran apa yang tersembunyi dari kesalahan itu.

Kesalahan-kesalahan Dalam Berbisnis?

Berikut ini tiga kesalahan fatal dalam berbisnis yang harus Anda ketahui dan hindari. Pertama, Tidak mengawal hati supaya ada di jalan yang benar. Kesulitan terbesar dalam bisnis bukan kompetisi bisnis, tetapi bagaimana mengawal hati supaya ada di jalan yang tepat.  Kompetisi hati, ya bagaimana hati untuk tetap berpikir jernih melibatkan luasnya persaingan, keunggulan pebisnis lainnya, hingga cara yang dilakukan sesama pebisnis tanpa mengotori hati.

Kompetisi hati menuju cara pandang yang positif akhirnya akan menyelamatkan setiap bisnis yang dikawal. Berkompetisi dengan hati untuk memenangkan persaingan. Kemampuan pebisnis untuk memanajemen hatinya bisa mendorong ke arah kemampuan berbisnis yang positif, saling berkolaborasi sesama pebisnis, melupakan hal negatif yang akan mencederai semangat

Kedua, Tidak paham konsep inovasi. Bisnis dari hulu ke hilir harus terus dilakukan. Inovasi bisnis haruslah terus ditetaskan.  Inovasi adalah sebuah kata penting dalam bisnis. Salah satu prinsip berbisnis adalah menciptakan ide-ide baru yang dapat memecahkan masalah dan tantangan yang dihadapi setiap orang.

Ide terus berkembang dalam sebuah bisnis, fungsi dari ide adalah menyempurnakan bisnis terus menerus melalui inovasi tanpa batas. Inovasi mentolerir ketidaksempurnaan dan kegagalan. Bisnis yang mendekati sempurna hanya akan ada jika Anda terus melakukan pembaharuan bisnis dengan terus berinovasi. Melihat ketidaksempurnaan sebagai batu loncatan menghasilkan ide-ide baru. Bagaimana caranya berinovasi:

  • Inovasi sudah pasti berawal dari ide. Pastikan ide yang Anda miliki dicatat
  • Ide dicatat dan diriset untuk diperbaharui agar makin bisa mentolerir ketidaksempurnaan dan kegagalan dalam proses bisnis Anda.
  • telurkan berbagai pembaharuan menjadi inovasi baru
  • Jangan takut mengeluarkan berbagai inovasi sebab kita tak pernah tahu mana yang akan berhasil dan tepat untuk bisnis kita.
  • Trial it!. Ubahlah ide Anda menjadi kenyataan. Trial dan sukses!

Anda harus ingat, tidak semua inovasi berjalan baik, bahkan di antaranya bisa saja menuai kontroversi di dalam perusahaan sendiri. Siapkan telinga dan hati menerima kritik, saran dan masukan bagi perbaikan.  Apakah untuk selanjutnya inovasi akan dihentikan?. Tidak!.  Yang harus dilakukan kemudian adalah berhati-hati dalam berinovasi. Pahami konsep trial and error serta pahami juga konsep inovasi dan sukses. Apakah artinya dengan inovasi tidak akan berbuat kesalahan?. Belum tentu. Cara yang benar dalam berinovasi adalah mengakui jika terjadi kesalahan dan meningkatkan inovasi lainnya.

ketiga, Tidak memiliki mental dan cara berpikir positif. Berbisnis bukan hanya membutuhkan kekuatan uang untuk mengawalnya, jauh lebih penting adalah kekuatan mental.  Cara berpikir dan mental yang positif sangat membantu untuk keluar dari masa-masa bisnis yang suram.

Ya, banyak kesalahan fatal dalam memulai bisnis, namun jangan membuat Anda jadi takut untuk memulai bisnis.  Karena ada masalah, ada solusi. Kunci yang harus Anda pegang adalah terus belajar menyempurnakan bisnis dengan baik sehingga akan terhindar dari kesalahan.

Inilah saatnya mencari training  bisnis yang tepat agar kemampuan Anda kian melesat dan terhindar dari kesalahan-kesalahan berbisnis.

Bagaimana memilih training  yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda?

Pertama, sebagai pebisnis, sebaiknya Anda memilih training yang memungkinkan Anda mengakses materi-materi training  tanpa harus meninggalkan kesibukan Anda sehari-hari.  Carilah training  center yang mengadakan training training  bisnis secara online, yakni melalui jejaring sosial facebook dan WhatsApp dalam bentuk tulisan maupun voice. Materi training  yang penting bagi pebisnis pemula antara lain berisikan bagaimana memulai bisnis dengan perhitungan matang, memilih bisnis yang marketable, mendorong motivasi dan semangat berbisnis serta mempersiapkan diri bersaing sehat di dunia bisnis.

Kedua, pilihlah training center yang memungkinkan Anda untuk bergabung dengan komunitas yang tepat. Memiliki bisnis berarti juga harus masuk dalam komunitas yang tepat.  Setelah mengikuti training, Anda akan dimasukkan dalam grup dan komunitas bisnis, disana Anda bisa bertemu dengan pebisnis yang memiliki visi misi serupa. Tujuannya adalah untuk saling berbagi bagaimana cara bisnis terus berkembang dengan omzet meningkat.

Berada dalam lingkungan yang sesuai akan menjaga mood bisnis tetap tinggi, itu penting buat kelangsungan bisnis Anda. Anda akan mendapatkan teman baru yang seperjuangan. Sekaligus dapat menambah daftar link antara sesama pebisnis yang mungkin kelak dapat saling bekerja sama.  Anda akan merasa tidak seorang diri membangun usaha, mengalami kegagalan dan akhirnya berhasil. Tidak jarang kerja sama terjalin berawal dari training  bareng.

Ketiga, Pilihlah training center yang menyediakan trainer atau mentor yang tepat untuk kemajuan bisnis Anda. Anda bisa menceritakan rintangan bisnis yang tengah dihadapi kepada seorang mentor bisnis untuk mendapat solusi jitu.  Ini sudah pasti, karena mengikuti training  artinya Anda akan belajar pada seorang pebisnis senior yang sudah lebih berpengalaman dari Anda. Tak jarang melalui mentor ini Anda mendapatkan link bisnis baru untuk memperluas jaringan bisnis Anda.

Bisnis terus berkembang dan harus terus disempurnakan dengan beragam ide berkaca pada zamannya. Sempurnakan bisnis, meski seiring dengan perkembangannya, tidak ada bisnis yang sempurna, tidak ada bisnis yang pasti berhasil.  Lihatlah kegagalan semata-mata sebagai penundaan menuju keberhasilan.

Pertebal keyakinan Anda bahwa berbisnis itu berproses, ada naik ada turun didalam prosesnya. Jadikan kesalahan berbisnis sebagai pelajaran berharga untuk berproses lebih baik.  Jadikan setiap persoalan membuat Anda menjadi semakin kuat, handal dan kaya pengalaman.  Jangan pernah menyerah. Sikap pantang menyerah adalah sikap para pemenang. Banyak-banyaklah belajar, buang virus I know, seringlah bertukar pikiran dengan pebisnis lain untuk menambah wawasan Anda.

Nikmati semua proses dengan hati senang dan tenang. Tak masalah Anda masih dalam proses berkembang ataupun usaha Anda sudah besar, tetaplah mengosongkan gelas Anda untuk menerima ilmu baru.

Cintailah bisnis Anda sepenuh hati. Pencapaian besar tak membuat bangga berlebihan, pencapaian kecil tetap menghadirkan bahagia. Ketika mendapatkan keberhasilan tidak perlu bahagia berlebihan, ketika mendapatkan kegagalan, tidak perlu sedih berlebihan. Bahagia muncul karena Anda mencintai bisnis yang Anda jalankan dengan cinta yang tanpa batas.  Cintailah apa yang Anda kerjakan.  Kerjakanlah apa yang Anda cintai dengan penuh keyakinan.

Dengan keyakinan, cinta dan do’a Insya Allah bisnis kita melesat cepat sesuai bahkan melebihi yang kita rancang. Do’a adalah tanda kepasrahan Anda pada Sang Pencipta, yang mampu membuat langkah Anda kian terarah. Usaha tanpa doa akan menjadi hambar. Begitu pun sebaliknya, doa tanpa usaha akan sia-sia. Seimbangkan keduanya. Siap?

 

Oleh:  Indari Mastuti,

Penulisa dan Pemilik Indscript Corp.

Jl. PLN Dalam I No.1/203D, Moh Toha, Bandung

Email: [email protected]/[email protected]

Facebook : indari.mastuti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.