Strategi Memasarkan Gaun Pengantin Barat dan Kebaya

0
43
Dok: hipwee.com

Produk gaun pengantin Barat dan kebaya berkualitas yang bisa Anda hasilkan dari keilmuan yang Anda miliki merupakan modal awal yang sangat baik. Jika Anda berbisnis, maka Anda harus benar-benar paham tentang produk tersebut.

Usaha yang sudah berusia 8 tahun mestinya sudah berkembang dengan baik. Anda pasti sudah mencoba berbagai cara untuk mengembangkannya. Tetapi karena saya tidak punya data yang detail tentang upaya  yang telah dilakukan, maka saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda coba lagi:

  1. Tempat Usaha yang Representatif dan Nyaman. Karena bisnis Anda adalah berkaitan dengan moment yang istimewa (pernikahan) maka tempat usaha yang ada harus Anda rancang sedemikian rupa agar membuat customer menjadi trust dan merasa nyaman. Perhatikan kebersihan, kerapian, dan beberapa hal lainnya yang menyangkut kenyamanan customer.
  2. Perluas Jumlah Orang yang Mengenal Produk Anda. Gaun pengantin Barat dan kebaya yang Anda pasarkan memang memiliki kualitas yang baik, tetapi jika hanya sedikit orang yang tahu maka target market juga akan terbatas. Untuk itu Anda harus membuat orang-orang yang menjadi target market agar mengenal brand Salah satu cara adalah dengan beriklan di media cetak/online,  membagikan brosur/kartu nama, pameran atau cara lainnya. Anda tidak harus melakukan pameran tunggal jika tidak memiliki dana yang cukup, tetapi cukup bergabung dalam pameran yang diadakan oleh pihak lain.
  3. Membuat Skema Harga yang Menarik. Gaun pengantin Barat atau kebaya yang Anda tawarkan, baik jual atau sewa harus memiliki beberapa variasi harga yang berbeda. Tentunya dimulai dari harga yang murah hingga yang mahal. Ini sangat penting untuk memperluas target market. Tentu saja semua produk, baik yang murah atau yang mahal tetap memiliki kualitas yang baik (sesuai dengan harganya).
  4. Paket Khusus yang Menarik. Cobalah untuk membuat paket khusus dengan harga yang bervariasi. Berikan hadiah untuk setiap paket yang dipesan oleh customer, misalnya menginap di hotel atau tiket pesawat dan yang lainnya sesuai dengan budget.
  5. Kerja Sama dengan Pihak Ketiga. Untuk dapat eksis dalam bisnis era sekarang ini, mau tidak mau Anda harus berkolaborasi dengan pihak lain. Tujuannya adalah untuk membuka akses yang lebih luas agar produk yang Anda tawarkan makin dikenal lebih cepat. Pihak lain yang dapat Anda ajak untuk bekerja sama antara lain studio foto, catering, pemilik gedung, dan event organizer. Berikan insentif yang menarik kepada pihak yang ikut membantu proses pemasaran produk Anda.
  6. Service Excellence. Berikan pelayanan terbaik kepada siapa saja customer yang datang tanpa memandang penampilannya. Ciptakan kesan positif dan senantiasa berikan solusi terbaik untuk mereka. Tunjukkan sikap yang baik, profesional dan  selalu siap membantu. Pelayanan yang baik dan berkesan yang Anda berikan, ke depannya akan sangat membantu mempercepat pengembangan usaha Anda. Ini karena promosi word of mouth (dari mulut ke mulut) akan berjalan dengan sendirinya.

Selamat Mencoba & Semoga Sukses!!

 

Oleh: Djoko Kurniawan

(Konsultan Marketing  & Service Quality di Indonesia)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.