Strategi Marketing Bisnis Servis Jok Mobil

0
7
dok: seva.id

Cover jok mobil  termasuk produk yang dibutuhkan para pemilik mobil. Di sini ada 3 jenis target pembeli: (1) pemilik mobil baru, (2) pemilik mobil lama, dan (3) pembeli yang baru saja membeli mobil bekas. Kalau pemilik mobil baru biasanya membeli jok yang disesuaikan dengan selera mereka. Jok lama bawaan dari mobil baru tentu masih bagus namun kurang pas dengan selera pembeli.

Yang dibutuhkan jenis pembeli ini adalah produk yang bisa dibikin sesuai keinginan mereka. Istilahnya customized. Jadi kita menyediakan dan membuatkan cover jok sesuai pesanan mereka mulai dari bahan, model, desain jahitan sesuai keinginan detil pembeli ini. Layanan tukar tambah dapat menarik bagi mereka mengingat cover joknya masih baru.

Untuk pemilik mobil lama membutuhkan layanan pembersihan atau perbaikan. Untuk itu tawaran yang cocok bagi mereka adalah jasa pembersihan cover jok dari noda-noda atau bekas tumpahan, pembetulan atau penjahitan bagian jok yang terkelupas.

Sedangkan pembeli baru mobil seken bisa membutuhkan jasa pembersihan maupun pembelian cover yang baru. Coba Anda pikirkan mana yang sudah atau belum Anda tawarkan. Kalau Anda melayani ketiganya tentu membuat pasar cover jok Anda semakin luas.

Sekarang menyangkut persaingan. Karena di tempat Anda sudah ada jasa cover jok yang lebih dulu ada, maka Anda harus menawarkan nilai lebih yang tidak dimiliki pesaing yang ada. Coba amati dari segi produk dan layanan. Kalau para pesaing hanya menjual cover, Anda bisa tambah dengan layanan pembersihan seperti diuraikan di atas.

Cek apa saja nilai pembeda yang bisa Anda tawarkan dan belum diberikan pesaing. Beberapa contoh misalnya kualitas bahan yang lebih bagus, ada jasa perbaikan misalnya penjahitan bagian yang robek atau terkelupas, pemolesan untuk jok kulit, pemasangan untuk ukuran yang unik sesuai selera konsumen, termasuk konsultasi desain yang cocok dengan interior mobil.

Lalu dari segi harga, pastikan harga Anda tidak jauh lebih mahal, namun juga tidak perlu memasang harga jauh lebih murah. Harga terlalu murah kadang membuat “perang harga” yang merugikan para pebisnis yang ada. Jadi lebih baik terapkan prinsip “ada harga ada rupa”, artinya Anda berikan nilai lebih dengan harga yang sepadan.

Untuk menarik pembeli datang, pasang spanduk atau standing banner yang mencolok mata dan menawarkan pesan yang menguntungkan pembeli. Misalnya, “Gratis ongkos jahit dan pasang untuk pembelian cover jok”, atau “Tukar tambah cover jok lama Anda, kami hargai Rp 200.000” (tentu saja dengan syarat tertentu), atau “Cuci cover jok lama Anda di sini, hanya 30 menit”, dll.  Tujuannya supaya pembeli menoleh ke bengkel jok Anda dan masuk ke dalam. Lalu begitu ada pembeli datang, berikan layanan yang ramah, sopan dan terpercaya.

Apa lagi yang perlu dilakukan untuk membuat semakin banyak pembeli datang? Gunakan beberapa cara:

  • Pertama, dari segi tempat, buat tampilan atau spanduk yang mencolok mata.
  • Kedua, sebar brosur secara berkala di perumahan sekitar.
  • Ketiga, kerja sama dengan bengkel mobil termasuk montirnya, showroom mobil bekas dan baru, toko aksesori mobil yang tersebar di kota Bentuk kerja sama bisa bermacam-macam mulai dari titip brosur, bagi komisi ke montir yang merekomendasikan, sampai sebagai out source atau pembuatan bagi pelanggan toko aksesori mobil yang tidak menjual cover jok.
  • Keempat, membuat website atau ikut dalam milis-milis, forum-forum komunitas di internet. Buat sebanyak mungkin jejaring melalui Facebook, Twitter, Instagram, hingga market place sambil menawarkan cover jok mobil Anda.
  • Kelima, kerja sama dengan media seperti majalah atau televisi supaya meliput bisnis cover jok Anda. Cara-cara komunikasi iklan ini relatif gratis.

Demikian saran yang bisa saya sampaikan, silakan meramu yang terbaik. Maju terus bisnis cover jok mobil Anda!

 

Oleh: Istijanto Oei,

Pelatih dan Konsultan Bisnis Prasetiya Mulya,

Penulis Buku: ”Jurus-jurus Sakti Wirausaha”

dan ”Rahasia Sukses Toko Tionghoa”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.