Agar Produk yang Kita Jual Cepat Closing

0
342
Marketing bisnis (dok brightstars.co.id)

 

Dalam bisnis, closing merupakan hal yang sangat penting. Closing dalam bisnis merupakan suatu kegiatan dimana calon pembeli berhasil melakukan transaksi kepada suatu produk. Banyak di sekitar kita para pebisnis yang mempunyai produk bagus namun gagal terjual atau closing. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini:

Salah target pasar. Ini yang sering terjadi, menjual kepada orang yang kurang tepat. Seperti menembak kan 10 peluru namun target yang kena hanya dua. Selain tidak efektif malah akan membuang-buang waktu kita.

Tidak Membangun Hubungan Dengan Calon Pembeli. Menjual atau menwarkan sesuatu itu sama dengan kita membangun suatu hubungan. Dimana bukan hanya antara harga produk dengan calon pembeli, namun antara value produk dengan calon pembeli. Kebanyakan pebisnis hanya menawarkan saja produk bisnisnya tanpa menjalin suatu relasi atau hubungan.

Salah Teknik Marketing Dalam Memasarkan Produk. Ini juga efek dari salahnya target pasar. Otomatis juga salah teknik marketing yang digunakan dalam menawarkan produk kepada calon pembeli.

Dari ketiga masalah di atas, entrepreneurID merangkum 3 cara untuk dilakukan agar masalah di atas dapat terselesaikan.

Yang Pertama, Evaluasi Ulang Target Pasar
Ketika target pasar salah, otomatis kita hanya membuang-buang waktu saja, karena kita menawarkan produk kita kepada orang yang kurang tepat. Evaluasi kembali target pasar produk kita. Mulai dari umur, gender, sifat, kebiasaan, sampai dengan kesukaan mereka. Sehingga kita bisa tau orang seperti apa yang harus kita tawarkan.

Yang Kedua, Bangun Interaksi Dengan Calon Pembeli
Bisnis itu seperti menjalani sebuah hubungan, pastinya ada komunikasi yang terbangun antara penjual dengan calon pembeli. Interaksi bisa dibangun didalam sebuah personal message, dengan menayakan kondisi hingga memecahkan masalah yang di alami oleh calon pembeli. Sehingga calon pembeli merasa diperhatikan dan kepercayaan terhadap bisnis kita akan terbangun sehingga calon pembeli semakin yakin dengan apa yang kita tawarkan.

Yang Ketiga, Menentukan Teknik Marketing Yang Tepat
Teknik marketing ada banyak, cara memilihnya dengan menentukan target pasar kita terlebih dahulu. Jangan sampai teknik marketing yang kita lakukan tidak sesuai dengan calon pembeli kita. Contohnya kita mempunyai calon pembeli yang masih bersekolah, otomatis kita menggunakan sosial media seperti instagram maupun line.

Bayangkan jika kita menggunakan sms ataupun twitter, otomatis hasilnya akan tidak maksimal dan cenderung nihil. Maka dari itu, cek kembali teknik marketing yang kita gunakan, apakah sudah sesuai dengan target pasar kita atau tidak. Oke itulah beberapa hal mengenai cara agar produk kita dapat closing.

Berbisnis bukan hanya melakukan transaksi semata namun juga bisa memberikan manfaat. Jadi fokuslah menjual suatu produk yang dapat memecahkan masalah orang lain.

Seperti Nadiem makarim dengan Gojeknya, William Tanuwijaya dengan tokopedianya, atau Fery Unardi dengan Travelokanya. Mereka fokus memecahkan masalah orang lain sehingga mereka bisa terus bertumbuh dan sukses dengan bisnis yang mereka bangun

Selamat berjuang untuk kita semua yang sedang berjuang dalam membangun impian-impian kita di masa depan. Dan ketika gagal, maka bangkitlah karena kegagalan merupakan bagian dari suatu perjalanan menuju kesuksesan.

 

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.