Sukses Pasarkan Selimut hingga Mancanegara, Rohayati Kantongi Omset Rp 100 Juta/Bulan

0
157
Ratuselimut (dok merdeka.com)

 

Membangun sebuah usaha merupakan idaman setiap orang tidak terkecuali bagi Rohyati A Wibowo. Walaupun sibuk mengurus keluarga, namun keinginan yang kuat wanita yang akrab disapa Rohyati ini mengantarkannya menjadi seorang pengusaha sukses seperti sekarang.

Pilihan Rohyati menjalankan usaha selimut bukan tanpa alasan, modal yang tidak besar hanya sekitar Rp 250 ribu dan kebutuhan akan produk ini yang tidak pernah surut membuatnya yakin akan usaha yang dijalankan. Belum lagi lokasi usaha yang berdekatan dengan pabrik selimut di daerah Bekasi, membuat ibu tiga anak ini tidak ragu dengan ketersediaan produk selimutnya.

Pernah Gagal

Usaha yang dirintis sejak 2009 ini bukanlah usaha pertama bagi Rohyati. Beberapa usaha pernah dijalankannya mulai dari berjualan burger hingga ikut bisnis Multi Level Marketing (MLM) salah satu produk kecantikan ternama. Namun usaha Burger yang dirintis dengan investasi jutaan rupiah dan sempat menjadi kebanggaan baginya, akhirnya tutup lantaran hanya ramai pada saat awal menjalankan usaha. Begitu juga dengan usaha MLM pun akhirnya terhenti karena pemainnya sudah banyak.

“Usaha burger itu, bisa dibilang usaha musiman. Jadi pada saat sedang tren peminatnya banyak, tetapi ketika masanya sudah berakhir usaha tersebut menjadi sepi, begitu juga usaha MLM,” ungkapnya.

Pengalaman pahit yang dialami Rohayati tidak sampai disitu, pengalaman tidak mengenakkan juga pernah dirasakannya ketika awal ia merintis usaha selimutnya. Karena produk yang dipasarkan melalui media online bukan produk buatannya melainkan di ambil langsung dari pabrik.

Membuat Rohayati yang baru menjalankan usahanya selama tiga bulan bingung ketika pabrik yang selama ini menjadi partner bisnisnya tutup karena masalah internal di dalam perusahaan. Padahal sebelumnya Rohayati baru saja memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus pada usaha dengan menyewa toko dan merekrut beberapa karyawan.

“Saya sempat bingung ketika tahu pabrik tutup, sedangkan untuk menemukan produsen lain tidak mudah karena konsumen sudah nyaman dengan kualitas produk yang saya jual. Hal ini membuat saya tidak ingin melanjutkan usaha,” ujarnya.

Dengan tekat yang kuat untuk memajukan usaha, Rohayati mencaba berbagai cara agar usahanya tetap berjalan. Karena itu, sambil menunggu mendapatkan produsen seprei yang memiliki kualitas sama ia memasarkan produk perlengkapan tidur lain mulai dari sprei, bed cover, bantal, dan guling.

“Bisa dibilang cobaan ini menjadi berkah buat saya, lantaran penjualan sprei, bed cover, bantal dan gulingnya pun cukup menjanjikan,” ungkapnya.

Ramai Peminat

Berbagai perlengkapan tidur coba ditawarkan istri dari Ronald Arif Wibowo ini. Berbagai produk dengan merek ternama menjadi jualan utama yang disukai konsumen seperti My Love, Rosana, Bonita, Kintakun, Santika, Ladyrose, Shyra dan berbagai merek ternama lainnya. Walaupun merek yang dijual sama dengan pelaku usaha perlengkapan tidur lainnya, namun motif produk yang dijual lebih lengkap dibanding tempat lainnya.

“Selain stok kami lebih banyak, dalam membeli selimut bisanya kami tidak hanya memilih motif yang laku di pasaran tetapi juga yang jarang di pasaran,”ungkapnya

Beberapa motif yang ada antara lain motif bunga, animal, polkadot lain sebagainya. Sedangkan untuk selimut, beberapa motif yang ditawarkan antara lain Winnie The Pooh, Cars, Angry Bird, Doraemon dan ada juga produk dengan logo klub sepak bola favorit.

Sedangkan untuk Harga, Rohayati mengatakan harga yang ditawarkan ratuselimut.com sangat terjangkau, contohnya saja untuk sprei anak laki-laki dihargai Rp 90 ribu, sedangkan untuk produk dengan motif perempuan Rp 85 ribu. Adapun untuk ukuran dewasa mulai dari Rp 95 ribu – Rp 215 ribu.

“Untuk bantal selimut (Balmut) dijual dengan harga Rp 95 rib, bed cover dewasa dijual dengan harga Rp 410 ribu,” ungkapnya.

Hingga Mancanegara

Di toko yang didesain secara sederhana dan mudah untuk dijelajahi ini, Rohayati mengakui usaha yang digelutinya cukup menjanjikan apalagi jika dilihat dari grafik usahanya yang terus menerus mengalami peningkatan. Bahkan untuk lebih mengembangkan usahanya Rohayati membuka kemitraan kerja sama dengan cara menjadi member usaha.

Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mendaftar datang langsung ke tokonya, atau bisa pula melalui email [email protected]. Sedangkan untuk biaya investasinya, cukup membayar Rp 25 ribu dan sudah mendapatkan kartu member serta katalog. “Member akan kita kasih potongan harga dengan besaran dibicarakan lebih lanjut,” tambahnya.

Berbekal kualitas produk dan harga yang terjangkau membuat usaha yang dijalankan Rohayati terus berkembang. Selain sudah memiliki lebih dari empat ribu pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk ratuselimut.com, juga di minati konsumen mancanegara mulai dari Malaysia, Taiwan, Hongkong dan Arab Saudi. Untuk omsetnya bisa mencapai Rp 100 juta per bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.