Masyarakat Mayoritas Dukung Pilpres 2024 Satu Putaran – Survei Populi Center

0
203
Survei Populi Center
Ilustrasi pilpres/Ist
Pojok Bisnis

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Populi Center, sebanyak 79,9 persen responden menginginkan agar Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 diselenggarakan dalam satu putaran. Direktur Eksekutif Populi Center, Afrimadona, menjelaskan bahwa mayoritas responden menginginkan satu putaran, sementara 16,6 persen responden memilih dua putaran. Afrimadona menambahkan bahwa sebagian besar masyarakat mendukung pilpres satu putaran karena mereka ingin proses pemilihan lebih cepat dan ingin tahu dengan pasti siapa yang akan menjadi presiden selanjutnya. Alasan lainnya adalah untuk menghemat biaya, agar pemerintahan dan layanan publik dapat kembali normal, serta untuk mengurangi ketegangan di masyarakat.

Hasil Survei Populi Center Terbaru Dari Populi Center Yang Mengungkapkan Bahwa Mayoritas Masyarakat Mendukung Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Dalam Satu Putaran

Direktur Eksekutif Populi Center, Afrimadona, menjelaskan bahwa alasan utama yang mendasari keinginan ini adalah untuk mempercepat proses pemilihan dan memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan mengetahui secara pasti siapa yang akan menjadi presiden selanjutnya. Selain itu, ada juga alasan lain yang disebutkan oleh responden, seperti menghemat biaya, mengembalikan pemerintahan dan layanan publik ke kondisi normal, serta mengurangi ketegangan dan konflik sosial yang mungkin timbul selama proses pemilihan.Survei ini dilakukan secara nasional mulai dari 27 Januari hingga 3 Februari 2024 dan melibatkan responden yang dipilih secara acak dari 38 provinsi di seluruh Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka menggunakan aplikasi survei Populi Center. Dalam survei ini, margin of error diperkirakan sekitar ±2,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil survei ini memberikan gambaran penting tentang preferensi masyarakat terkait format pelaksanaan Pilpres 2024. Data-data ini dapat menjadi pertimbangan penting bagi pihak terkait dalam merumuskan kebijakan dan pengambilan keputusan terkait proses pilpres yang akan datang.

Beberapa responden juga memberikan alasan lain yang tidak dapat diidentifikasi, dan ada juga yang tidak memberikan jawaban. Selain itu, survei ini juga menunjukkan bahwa sebanyak 70,3 persen responden yakin bahwa pilpres akan selesai dalam satu putaran. Sementara itu, 25,3 persen responden lainnya menyatakan ketidakyakinan, dan 4,4 persen tidak memberikan jawaban. Survei nasional ini dilaksanakan dalam rentang waktu 27 Januari hingga 3 Februari 2024.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan