PPP Jagokan Lima Nama Sebagai Capres

Lima Nama Sebagai Capres
Anies Baswedan saat menghadiri acara PPP di Jakarta. (Dok: Tempo.co)

Jakarta – Terdapat lima nama tokoh yang mendapat dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk maju sebagai calon presiden.┬áKelima nama tokoh yang masuk bursa capres-cawapres PPP di antaranya politikus Partai Gerindra Sandiaga Uno, politikus PDIP Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

PPP akan memutuskan tokoh yang akan diusungnya dalam Pilpres 2024 melalui forum musyawarah kerja nasional atau mukernas.

“Jadi seperti yang tadi sudah saya sampaikan, proses pencapresan di PPP itu menganut prinsip bottom up, kami mendengarkan yang di DPP ini suara dari bawah. Nah sejauh ini Pak Sandi, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Erick dan Plt Ketua Umum itu adalah nama-nama yang kami terima,” kata Wakil Ketua Umum DPP PPP Arsul Sani di kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Arsul belum memastikan apakah musyawarah menyetujui kelima nama tokoh tersebut akan mendapat dukungan. Sebab, sejumlah pengurus PPP di daerah masih melakukan musyarawah kerja wilayah atau mukerwil.

Setelah itu, lanjut Arsul, PPP akan memutuskan secara resmi soal nama capres atau cawapres lewat forum Mukernas pada awal tahun 2023.

“Dalam forum tidak akan memutuskan satu nama saja, tapi juga ada beberapa nama,” katanya.

Kendati demikian, Arsul mengaku bahwa partainya juga tidak ingin tergesa-gesa untuk mengambil keputusan satu, ataupun dua nama. PPP akan bermusyawarah dengan partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

“Artinya tidak satu paslon bisa beberapa nama. Karena apa? Karena PPP kan butuh bicara juga dengan partai Koalisinya (KIB),” jelasnya.