Respon Anies Baswedan Soal Dukungan Menjadi Capres

Respon Anies Baswedan Soal Dukungan Untuk Menjadi Capres
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendapat banyak dukungan untuk maju sebagai calon presiden. (Dok: Sindonews.com)

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan kader Partai Nasdem yang mendukungnya maju menjadi calon presiden. Hal itu Anies katakan kepada Ketua DPP Partai Nasdem, Teuku Taufiqulhadi, yang menghubunginya.

Teuku Taufiqulhadi sengaja menghubungi Anies untuk memberi kabar bahwa sebagian besar pengurus daerah mengharap DPP Nasdem merekomendasikan Anies untuk menjadi capres.

“Setelah pidato ketum yang menyebut nama Anies, saya menghubungi Anies,” kata Taufiqulhadi kepada wartawan, Jumat (17/6/2022).

Taufiqulhadi mengatakan Anies menerima teleponnya dengan hangat. Anies, katanya, menyampaikan terima kasih atas keputusan tersebut.

“Anies menyambut telepon saya dengan hangat. Ia kemudian menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang disampaikan kader-kader Nasdem,” kata Taufiqulhadi.

Lebih lanjut, Anies kepada Taufiqulhadi menitipkan terima kasih buat Ketum Nasdem Surya Paloh.

“Ia juga meminta saya untuk menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ketum Nasdem, Bang Surya. Alhamdulillah, katanya. ‘Saya sangat berterima kasih kepada partai Nasdem’ ungkapnya kepada saya,” ujarnya.

Sebelumnya, Nasdem telah memutuskan 3 bakal capres yang nantinya akan dipilih menjadi satu untuk diusung dalam pilpres 2024. Tiga bakal capres itu adalah Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Andika Perkasa.

Keputusan itu dibacakan oleh Surya Paloh, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Tiga nama itu berdasarkan hasil usulan 34 DPW yang disaring dan kemudian dimusyawarahkan oleh steering committee.

“Saya coba buka rekomendasi yang ditujukan kepada saya, dengan amanah rakernas ini memutuskan menetapkan rekomendasi nama-nama bakal capres RI yang akan diusung oleh partai Nasdem di 2024 mendatang dari 3 nama.

3 nama ini adalah pilihan saudara-saudara, saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu sama lain di antara 3 nama ini. Nilainya sama di mata saya sebagai ketum DPP, urutannya boleh satu, dua, tiga, tapi itu berdasarkan urutan baca. Kualifikasinya sama, dan itulah komitmen saya kepada saudara-saudara di rakernas ini,” ujar Paloh di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

“Maka saya akan bacakan penetapan rekomendasi nama-nama bakal capres, pertama, Anies Rasyid Baswedan; kedua, Muhammad Andika Perkasa; ketiga, Ganjar Pranowo,” lanjut Surya Paloh.

Ketua SC Rakernas Nasdem Prananda mengatakan tiga nama itu sudah sesuai kriteria bakal capres menurut Surya Paloh. Selain itu, menurut Prananda, ketiga nama tersebut sudah memenuhi persyaratan sebagai bakal capres Nasdem.

“Tiga nama itu tentu sudah sesuai kriteria yang diinginkan ketua umum. Dan memenuhi persyaratan yang diajukan Partai Nasdem,” ungkapnya.

Artikel SebelumnyaLolos ke Piala Asia 2023, Timnas Dapat Bonus 2 Milyar
Artikel SelanjutnyaKemenag Lakukan Asesmen Lembaga Halal Korea Selatan