Besar Kemungkinan PAN Masuk Kabinet

Besar Kemungkinan PAN Masuk Kabinet
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) bersama Presiden Joko Widodo. (Dok: Gelora.co)

Jakarta – Hati Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, sedang berbunga hari ini. Sebab besar kemungkinan PAN akan mendapat jatah kursi menteri dalam reshuffle kabinet yang akan dilakukan presiden Jokowi pekan ini.

Meski kepada media Zulkifli Hasan irit bicara terkait isu reshuffle tersebut tapi desas-desus di kalangan petinggi politik sudah santer bahwa PAN memang akan mendapat jatah Menteri dalam reshuffle kali ini.

PAN diumumkan menjadi koalisi pemerintah pada Agustus 2021 lalu. Sejak saat itu, suasana hati kader PAN tidak menentu karena tak kunjung mendapatkan kursi menteri selayaknya anggota koalisi lainnya.

Kabar akan diberikannya kursi menteri itu, menguat sejak beredar isu Presiden Jokowi akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle tepat pada Rabu Pon, tanggal 15 Juni 2022, alias esok hari.

Rumor yang beredar, PAN akan mengisi kursi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau menggantikan Siti Nurbaya.

Sementara di satu sisi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjadi kandidat paling potensial untuk dicopot seiring kegagalan mengembalikan harga minyak goreng sesuai harga eceran tetap (HET) Rp 14.000 per liter.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, petang ini. Entah kursi menteri apa yang akan diberikan kepala negara kepada PAN nantinya. Pastinya, jika benar reshuffle terjadi dan PAN mendapat kursi menteri. Maka, sudah saatnya kader PAN tersenyum dan matahari biru bersinar di Istana setelah 10 bulan penuh ketidakpastian.